10 Manfaat Penggunaan Teknologi Cloud dalam Pengembangan Aplikasi

Teknologi9 views

Artikel ini diproduksi dan didistribusikan oleh Optus Solution, data management solution. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh artikel tanpa menyertakan sumber tulisan.

Teknologi cloud memegang peranan yang sangat penting di era digital saat ini. Dengan kemampuannya untuk menyimpan dan memproses data melalui jaringan internet, maka dapat memaksimalkan inovasi dan kolaborasi terutama bagi pengembang aplikasi. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat penggunaan teknologi cloud dalam pengembangan aplikasi. 

Apa Itu Teknologi Cloud?

Teknologi cloud atau cloud computing adalah suatu sistem informasi yang memberikan kemudahan akses pada berbagai komponen sumberdaya.

Contohnya yaitu server, aplikasi, atau database yang bisa diakses melalui jaringan internet. Dengan menggunakan teknologi ini, sumber daya akan tersimpan dan dikelola pada pusat data yang terhubung dengan internet.

Dalam penerapannya, teknologi ini dibagi dalam dua jenis yaitu public cloud dan private cloud. Public cloud adalah jaringan yang bisa di akses oleh siapapun melalui internet.

Sistem pada teknologi ini menggunakan internet sebagai pusat jaringan agar pengguna bisa mengelola data dengan lebih optimal.

Sedangkan private cloud adalah sebuah sistem yang memungkinkan para penggunanya untuk mengoperasikannya sendiri ataupun menggunakan layanan dari pihak ketiga. Perbedaannya dengan public cloud terletak pada aksesibilitas jaringan.

Sesuai dengan namanya, private cloud hanya bisa diakses oleh pengguna yang sudah terkoneksi. Jenis teknologi cloud ini umumnya digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan keamanan dan privasi yang sangat tinggi. 

Manfaat Penggunaan Teknologi Cloud dalam Pengembangan Aplikasi

Dengan memanfaatkan teknologi cloud, para pengembang dapat mengoptimalkan kinerja dan membawa aplikasi yang dikembangkan menuju level yang lebih tinggi. Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi cloud dalam pengembangan aplikasi.

  1. Fleksibilitas

Teknologi cloud adalah suatu media komputasi data yang berbasis internet. Oleh karena itu, proses pengelolaan data dilakukan secara virtual.

Para pengembang dapat mengakses layanan ini dimanapun dan kapanpun selama terhubung pada koneksi internet.

Mereka juga tidak perlu membawa perangkat penyimpanan tambahan jika sedang tidak berada di kantor. Oleh karena itu, fleksibilitas teknologi cloud dapat menunjang kinerja pengembangan aplikasi.

  1. Menghemat Biaya

Manfaat selanjutnya yaitu dapat menghemat biaya. Para pengembang tidak perlu lagi melakukan maintenance serta dapat menghemat penggunaan listrik.

Beberapa perusahaan penyedia layanan teknologi cloud menawarkan paket bulanan atau tahunan yang lebih hemat jika dibandingkan dengan menggunakan penyimpanan menggunakan perangkat keras.

  1. Penyimpanan Data Menjadi Lebih Terpusat

Saat mengembangkan aplikasi tentunya akan memerlukan penyimpanan untuk dokumen, gambar, atau hal-hal lain. Semua data tersebut bisa disimpan secara terpusat menggunakan teknologi cloud.

Server teknologi cloud dapat disambungkan pada berbagai jaringan komputer milik para pengembang. Dengan begitu, mereka bisa mengakses data-data tersebut saat sedang diperlukan.

  1. Pengelolaan Data Menjadi Lebih Mudah

Sebelum adanya teknologi cloud, proses pengiriman data dilakukan secara manual melalui software atau hardware tertentu. Hal ini akan sangat merepotkan apabila akan mengirimkan data atau file dalam jumlah yang besar. Dengan adanya teknologi cloud, hal ini bisa diatasi dengan mudah karena masing-masing pengembang memiliki akses ke pusat penyimpanan data.

  1. Back-up atau Pencadangan Data

Manfaat penggunaan teknologi cloud dalam pengembangan aplikasi berikutnya yaitu adanya fitur back-up atau pencadangan. Data-data yang Anda simpan akan disimpan dengan baik dan aman dengan fitur-fitur tersebut. Apabila di kemudian hari komputer mengalami kerusakan, Anda bisa memulihkan data yang hilang dengan mudah. 

  1. Akses Global

Dengan menyimpan data dan aplikasi di pusat data cloud yang dapat diakses dari berbagai lokasi di seluruh dunia, perusahaan dapat menyediakan akses global yang cepat dan andal ke aplikasi mereka. Hal ini jelas membuka peluang baru untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan memperluas basis pengguna. Akses global juga memungkinkan perusahaan untuk menyajikan konten dan layanan dengan kecepatan yang seragam kepada pengguna dari berbagai geografi, meningkatkan kepuasan pengguna dan mengoptimalkan kinerja aplikasi secara keseluruhan. 

Dengan infrastruktur cloud yang tersebar di berbagai wilayah, pengguna dapat mengakses aplikasi dengan kecepatan tinggi, tanpa perlu khawatir tentang keterbatasan geografis yang dapat mempengaruhi kualitas layanan.

  1. Jaminan Keamanan

Teknologi cloud dibekali dengan sistem keamanan yang canggih dan kokoh. Kerahasiaan data atau informasi yang Anda simpan akan dilindungi secara ketat. Hal ini akan meminimalisir terjadinya serangan virus atau malware yang membahayakan. 

  1. Kapasitas Penyimpanan Lebih besar

Umumnya, penyedia layanan teknologi cloud menyediakan kapasitas berukuran besar, bahkan bisa mencapai Terabytes (TB). Kapasitas yang besar bisa dimanfaatkan oleh para pengembang aplikasi untuk penggunaan jangka panjang. Meskipun kapasitasnya besar dan data yang disimpan tergolong sangat banyak, Anda bisa melakukan pencarian data yang dibutuhkan dengan mudah. Anda hanya perlu menggunakan fitur pencarian untuk menemukan data yang sedang dicari. 

  1. Pemulihan Bencana Lebih Cepat

Layanan cloud menyediakan infrastruktur yang memiliki cadangan dan keamanan tingkat tinggi. Dengan adanya pusat data terdistribusi secara geografis, data dan aplikasi dapat dengan mudah dipindahkan ke pusat data alternatif jika terjadi kegagalan atau bencana di satu lokasi. Hal ini memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap kehilangan data dan downtime yang dapat merugikan operasional bisnis. Keandalan yang tinggi juga dijamin melalui redundant power supply, salinan data otomatis, dan teknologi failover yang memastikan aplikasi tetap beroperasi meskipun terjadi kegagalan pada beberapa komponen sistem.

  1. Update Otomatis

Pembaruan Otomatis merupakan salah satu manfaat penggunaan teknologi cloud dalam pengembangan aplikasi. Melalui model ini, penyedia layanan cloud secara otomatis menyediakan pembaruan perangkat lunak, keamanan, dan fungsionalitas infrastruktur. Update otomatis ini membuat developer tidak perlu menerapkan pembaruan secara manual, mengurangi risiko keamanan dan menjaga aplikasi selalu beroperasi dengan versi terbaru. Dengan pembaruan otomatis, perusahaan dapat memanfaatkan fitur-fitur baru dan perbaikan keamanan tanpa menyebabkan gangguan besar pada operasional sehari-hari.

Sekian pembahasan mengenai manfaat penggunaan teknologi cloud dalam pengembangan aplikasi. Karena teknologi cloud menawarkan banyak sekali manfaat, maka cukup layak diterapkan pada perusahaan Anda untuk mempermudah pengelolaan dan penyimpanan data.