4 Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Bisnis66 views

Siapa bilang kalau mau usaha harus punya modal besar terlebih dulu? Sekarang ini, bahkan sudah banyak contoh usaha modal kecil untung besar dan bahkan Anda bisa buka usaha sendiri dari rumah.

Dengan hanya scroll internet saja, kamu kemungkinan sudah mendapatkan tawaran kerja freelance atau part-time. Dengan bermodalkan barang-barang yang ada di rumah, kamu juga sudah bisa punya usaha sendiri. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Jual Snack atau Camilan Kekinian

Bisnis camilan atau snack tidak hanya diminati oleh anak-anak, tapi juga remaja dan orang dewasa. Perbedaannya mungkin hanya terletak pada jenis snack yang disukai. Namun, terlepas dari jenis yang disukai, bisnis makanan ringan akan sangat menjanjikan dan menjadi salah satu contoh usaha modal kecil untung besar.

Cobalah untuk menjual makanan yang sekiranya banyak disukai orang, contohnya keripik. Kamu bisa mulai membuat dua ratus atau seratus bungkus keripik. Boleh kalau mau mencoba membuatnya sendiri atau membeli dalam ukuran besar dari produsen untuk kemudian dikemas dalam wadah yang lebih kecil. Tawarkan camilan ini ke teman dan keluarga dekat. Bisa pula dititipkan ke warung kompleks perumahan.

2. Usaha Laundry Kiloan

Masih banyak yang tidak sadar kalau barang-barang yang sudah ada di rumah bisa menjadi modal membuka bisnis sendiri. Contoh usaha modal kecil untung besar dengan menggunakan barang yang sudah ada di rumah adalah laundry kiloan. Modalnya hanya mesin cuci yang sudah ada di rumah.

Lalu, tinggal tambahkan saja beberapa rupiah lagi untuk beli deterjen, pewangi, dan pelembut pakaian. Kamu pun bisa pakai setrika yang sudah ada untuk merapikan baju laundry. Untuk pemasaran, bisa tawarkan dulu ke tetangga sekitar melalui promo tulisan di depan rumah atau broadcast pesan di WhatsApp.

Baca Juga: 7 Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji dan NPWP (Langsung Cair!)

3. Jasa Penerjemah Bahasa

Kalau memiliki kemampuan bahasa asing bagus, kamu bisa memanfaatkan skill ini sebagai modal membuka usaha jasa penerjemahan. Saat ini ada banyak sekali, lho, orang atau perusahaan yang butuh jasa penerjemah untuk mengembangkan bisnisnya. Soalnya, kan, di era sekarang ini perusahaan dituntut untuk bisa berkomunikasi dalam multibahasa agar bisa mengenalkan produknya ke pasar yang lebih luas. Jadi, sudah pasti jasa penerjemahan atau translator banyak dicari.

Untuk memulainya, kamu bisa kumpulkan dulu portofolio bukti penerjemahan dokumen atau project translasi yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Kemudian, unggah portofolio ini ke internet atau cantumkan di LinkedIn maupun media sosial lainnya. Setelah itu, kamu bisa mencari project freelance penerjemahan yang ditawarkan di situs website seperti upwork.com, sribulancer.com, dan fastwork.id

4. Jasa Kelola Sosial Media

Hobi scrolling Instagram dan membuat thread di Twitter bisa menjadi peluang usaha dengan modal yang super minim. Kamu cuma butuh laptop, handphone, internet, listrik, dan kemampuanmu dalam menciptakan konten menarik di media sosial agar bisa menggaet perhatian audience.

Lalu, tawarkan jasa menjadi admin media sosial yang tugasnya membuat konten per minggu di akun sosmed klien. Untuk nominal pembayaran, bisa kamu patok sendiri atau berdasarkan penawaran dari klien. Masalah tugas dan tanggung jawab, kamu bisa diskusikan dengan brand yang bekerja sama denganmu. Jika diamati, seluruh contoh usaha modal kecil untung besar di atas mengandalkan skill kreativitas serta perencanaan keuangan yang tepat. Oleh karena itu, jika ingin belajar seputar keuangan bisa mengunjungi website aturpundi.com.