5 Ciri Khas Rumah Minimalis Yang Wajib Diketahui

Bisnis24 views

Rumah minimalis merupakan salah satu tema rumah yang semakin populer saat ini. Rumah dengan tema ini mengedepankan kesederhanaan namun tetap rumah memiliki gaya yang modern. Selain itu rumah bergaya minimalis juga punya konsep yang efisien dan fungsional.

Rumah gaya minimalis masuk dalam kategori hunian yang simpel dan sederhana. Salah satu ciri khas yaitu rumah dengan corak yang pilihan warnanya kalem namun punya kesan aesthetic

Ciri Khas Rumah Minimalis

Untuk yang masih belum paham ciri khas rumah minimalis, berikut akan dijelaskan beberapa cirinya.

1.    Rumah Dengan Dekorasi Minimalis

Seperti namanya, rumah model ini mengedepankan dekorasi yang cukup minimalis. Dekorasi yang sederhana dan minimalis membuat rumah tampak lebih luas dan juga memberikan kesan bersih serta memiliki cahaya alami yang cukup. 

Untuk menyempurnakan kesan minimalis pada ruangan, maka Anda bisa menambahkan lukisan minimalis dengan corak-corak warna monokrom. Bisa juga dengan ditambahkan tanaman hias yang membantu sirkulasi udara di rumah jauh lebih baik.

2.    Konsep Ruangan Terbuka

Rumah minimalis mengesankan suasana rumah yang nyaman meski memiliki ruangan terbatas. Ciri khas lain dari rumah ini yaitu memiliki konsep ruangan terbuka di beberapa ruangan tergantung selera. Misalnya Anda bisa membuat ruangan terbuka pada bagian ruang tamu, ruang makan dan juga dapur.

Ruang terbuka bisa juga diaplikasikan untuk kamar tidur bahkan kamar anak. Bila ingin membuat rumah tetap memiliki sekat tapi punya kesan ruang terbuka, Anda bisa memberikan solusi berupa penggunaan portable sekat yang bisa dilepas pasang.

3.    Bangunan Rumah Geometris

Ciri khas lainnya pada rumah minimalis yaitu bagian eksterior rumah. Bagian eksterior terutama untuk model bangunan umumnya mengandalkan bentuk geometris dan tidak memiliki atap. 

Bagian bangunan rumah memiliki garis-garis yang tegas di setiap sisi bangunan. Biasanya gaya bangunan seperti ini diaplikasikan untuk rumah minimalis dengan gaya modern dan kekinian. 

4.    Penggunaan Jendela Kaca

Keunikan rumah dengan gaya minimalis juga dilihat pada penggunaan kaca. Umumnya penggunaan kaca pada rumah dengan tema ini menggunakan kaca jendela yang besar dan lebar. Hal ini bukan tanpa tujuan, karena penggunaan kaca tersebut untuk membuat udara dan sinar matahari lebih mudah masuk ke rumah.

Pencahayaan alami dengan kaca jendela yang besar ini membuat rumah punya nilai estetik yang tinggi. Selain itu, bermanfaat pula pada anda yang menggunakan furniture rumah berbahan kayu agar tidak mudah lembab. 

5.    Pemakaian Atap rumah Tinggi

Yang terakhir, pada rumah minimalis biasanya bagian atapnya selalu berbeda. Dimana bagian atap rumah minimalis dibuat lebih tinggi untuk membuat kesan rumah lebih luas. Jadi rumah tidak terlihat sumpek atau sempit.

Ini merupakan sebuah trik apabila membangun rumah konsep minimalis di lahan yang memang sangat terbatas. Jangan lupa pasang lampu-lampu yang terang untuk membuat setiap sudut rumah menjadi lebih terang.

Itu tadi beberapa ciri dari rumah minimalis yang wajib diketahui, terutama bagi yang ingin membangun rumah dengan konsep ini. Untuk membangun rumah maka Anda tidak boleh sembarangan memilih material atau bahan bangunan terutama pada pembuatan beton. Anda wajib menggunakan beton terbaik yaitu SCG beton instan. 

Beton instan dari merek ini tersedia untuk berbagai pilihan kekuatan. Mulai dari B-O sampai K-500. Beton instan dari SCG bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk membangun rumah tapi juga membuat gedung bertingkat.