by

7 Gejala Penyakit Jantung yang Tak Boleh Diabaikan

Jangan abai, yuk kenali tujuh gejala penyakit jantung di artikel ini.

Semakin cepat dideteksi, semakin besar peluang Anda menghindari efek terburuk penyakit jantung. Karena itu, mengenali gejalanya menjadi sangat penting. Menurut dr. Atika dari KlikDokter, salah satu gejalanya adalah nyeri di dada seperti perasaan ditekan benda berat.

Selain gejala tersebut, berikut adalah gejala penyakit jantung yang juga tak boleh diabaikan:

  • Kelelahan

Dokter Stacey Rosen, ahli jantung dari North Shore-LIJ Health System, AS, mengatakan, kelelahan adalah gejala umum, terutama pada wanita yang mengalami serangan jantung.

“Selama 25 tahun berpraktik, orang-orang yang berada di ambang serangan jantung melaporkan kelelahan dan tidak dapat melakukan aktivitas biasa,” kata dia.

  • Sesak napas

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, ketika ada masalah pada jantung Anda, gejala yang bisa muncul adalah sesak napas. Sesak napas bisa dialami secara bersamaan dengan nyeri dada.

Selain itu, sesak napas akan semakin berat ketika Anda beraktivitas dan merasa lebih baik saat istirahat. Pada akhirnya, Anda akan mudah merasa lelah saat beraktivitas.

  • Nyeri di tubuh bagian atas

Dijelaskan dr. Andika, rasa nyeri di tubuh bagian atas merupakan salah satu tanda penyakit jantung yang tidak disadari.

“Rasa tidak nyaman atau nyeri juga dapat dialami di area lengan kiri, bahu, leher, rahang, hingga punggung. Pada lengan dapat dirasakan sensasi berat. Akibatnya, lengan sulit digunakan untuk beraktivitas.”

  • Nyeri ulu hati

Jika Anda merasakan nyeri ulu hati yang tidak seperti biasanya, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Bisa jadi, itu adalah tanda serangan jantung. Angina, sakit di dada yang rasanya seperti nyeri ulu hati, diakibatkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung.

  • Pusing

“Ketika ada kelainan di salah satu bagiannya, jantung tidak bisa memompa darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Karena itu timbul rasa pusing dan keliyengan,” dr. Andika menjelaskan.

  • Perut tak nyaman

Terkadang, gejala serangan jantung bisa menyerupai masalah di perut seperti mual, muntah, atau gangguan pencernaan lainnya. Ini utamanya dirasakan wanita. Jika Anda mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter.

  • Keringat dingin

Jantung yang kekurangan oksigen dapat menimbulkan kondisi iskemia atau tidak cukupnya suplai oksigen ke organ. Keadaan ini akan memicu keluarnya keringat berlebih dan penyempitan pembuluh darah.

Itu adalah tujuh gejala penyakit jantung yang harus Anda waspadai. Segera berkonsultasi dengan dokter apabila merasakan gejala-gejala di atas. Selain itu, lakukan pola hidup sehat dan olahraga teratur untuk menjaga jantung tetap sehat.