Beberapa Gangguan Kesehatan yang Rentan Muncul di Trimester

Kesehatan9 views

Tentunya menjalani kehamilan menjadi momen yang paling membahagiakan bagi pasangan suami istri. Selain membahagiakan ternyata kehamilan menyebabkan berbagai perubahan pada ibu. Mulai dari perubahan hormon, hingga perubahan fisik. 

Setelah melalui kondisi morning sickness di trimester pertama, nyatanya ibu hamil akan mengalami beberapa gangguan kesehatan pada trimester kedua. Meskipun tiap ibu merasakan hal yang berbeda, tetapi berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang dialami oleh ibu hamil trimester kedua.

1. Sembelit

Sembelit atau yang dikenal sebagai konstipasi menjadi salah satu gangguan kesehatan pada trimester kedua. Sembelit yang terjadi pada ibu hamil bisa disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron. 

Guna mengatasi kondisi ini, ibu bisa memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan air putih untuk mengatasi dan mencegah sembelit saat hamil trimester kedua. Selain itu, ibu juga bisa melakukan gerakan-gerakan ringan secara rutin untuk menghindari kondisi sembelit.

2. Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan gangguan kesehatan pada trimester kedua yang rentan dialami ibu hamil. Kondisi ini disebabkan ada perubahan berat badan, hormon, hingga postur tubuh. 

Ibu hamil bisa melakukan olahraga ringan secara rutin, mengompres dingin dan panas, serta melakukan gerakan tubuh secara tepat. Dengan begitu, sakit punggung dapat diatasi secara mandiri.

Namun, jika sakit punggung sangat mengganggu aktivitas dan kehamilan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan terkait sakit punggung yang dialami saat hamil trimester kedua.

3. Sering Buang Air Kecil

Memasuki usia kehamilan trimester kedua, ibu hamil umumnya rentan mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil. Memasuki hamil trimester kedua, bayi tentunya akan bertumbuh. Hal ini menyebabkan rahim menekan kandung kemih yang membuat ibu hamil akan mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil.

4. Gangguan pada Hidung

Selama menjalani kehamilan, ibu akan mengalami peningkatkan hormon. Kondisi ini nyatanya dapat menyebabkan gangguan pada hidung. Ibu hamil trimester kedua akan rentan mengalami mimisan. 

Hal ini disebabkan peningkatan hormon dapat memicu tubuh memproduksi darah lebih banyak. Kondisi ini membuat selaput lendir membengkak dan mudah berdarah. Karena itu, ibu hamil rentan mengalami mimisan. Sebaiknya perbanyak air putih untuk membantu melembapkan area sekitar hidung. 

5. Masalah pada Gigi dan Gusi

Memasuki kehamilan trimester kedua membuat ibu hamil rentan mengalami masalah pada gigi dan gusi. Hamil membuat gusi lebih sensitif, bahkan dengan kegiatan menyikat gigi sehari-hari. Kondisi ini dapat menyebabkan perdarahan ringan.

Mual dan muntah yang dialami saat hamil trimester kedua juga memicu rusaknya enamel gigi. Untuk itu, ibu hamil sebaiknya lakukan perawatan gigi secara rutin saat menjalani kehamilan. Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan kesehatan pada trimester kedua maupun selanjutnya.

6. Keputihan

Ibu hamil trimester kedua juga rentan mengalami keputihan. Jika keputihan berbentuk putih atau bening tandanya ini merupakan kondisi normal. Segera kunjungi dokter kandungan jika keputihan yang kamu alami berbau, menyebabkan area vagina gatal, hingga nyeri. Kondisi ini menunjukkan adanya gangguan kesehatan pada area vagina.