Begini Cara Bayar Cicilan Tepat Waktu dengan Bank Digital

Teknologi31 views

Image 1: https://img.freepik.com/free-photo/attractive-casual-smart-asian-female-woman-online-shopping-purchase-online-with-credit-card-data-laptop-technology-lifestyle_609648-2139.jpg

Tidak sedikit orang yang bingung ketika mendekati waktu membayar cicilan karena belum menyiapkan uang. Sedangkan cicilan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi setiap jatuh tempo. Banyak orang yang mempunyai uang namun belum bisa mengelolanya. Bank digital bisa membantu mengelola keuangan, termasuk untuk menabung dan membayar kewajiban.

Dengan adanya aplikasi bank digital memudahkan siapa saja yang ingin hidup tenang tanpa gangguan masalah uang. Fitur yang terdapat di dalamnya memudahkan pengguna untuk mengatur pengeluaran dan memenuhi semua kewajiban, termasuk untuk membayar cicilan. Bahkan dengan pengelolaan yang tepat, tidak perlu berhutang untuk memenuhi kebutuhan.

Tips Bayar Cicilan Tepat Waktu

Terbatasnya pendapatan seringkali menjadi alasan seseorang terlambat membayar cicilan. Sedangkan dampaknya bagi seseorang sangat banyak. Diantaranya bank akan sulit untuk memberikan pinjaman kembali. Bank digital hadir sebagai solusi untuk membantu mengelola keuangan secara lebih bijak dan tepat.

Aplikasi bank digital bisa menjadi alat untuk memantau pengeluaran dan jumlah saldo apakah cukup untuk membayar cicilan atau tidak. Kurang perencanaan dalam menggunakan uang menyebabkan seseorang terjerat hutang dan tidak mampu mengembalikannya. Ada beberapa cara agar bisa membayar cicilan hutang tepat waktu, yaitu:

1.      Aktifkan aplikasi pengingat

Dalam bank digital terdapat aplikasi pengingat yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk mengingatkan tanggal jatuh tempo pinjaman. Dengan demikian, sebelum menggunakan uang bisa mempertimbangkan untuk pembayaran tersebut.

2.      Catat semua daftar cicilan

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencatat semua cicilan, baik besar maupun kecil. Cicilan kecil yang diabaikan bisa menimbulkan resiko seperti kewajiban untuk membayar dengan. Gunakan aplikasi bank digital untuk mencatatnya, termasuk jumlah dan kapan harus membayar serta kapan pinjaman tersebut akan lunas.

3.      Bayar di awal bulan

Ketika mempunyai uang banyak yang kemudian berpikir untuk membelanjakannya tanpa ingat kewajiban. Untuk menghindari kemungkinan dana habis dan tidak bisa membayar cicilan, lakukan pembayaran di awal bulan begitu mendapat pemasukan. Masukkan kewajiban tersebut sebagai kebutuhan pokok yang harus segera dipenuhi.

4.      Punya rekening khusus

Mempunyai rekening bank digital khusus untuk membayar cicilan bisa sangat membantu, terutama bagi yang mempunyai banyak hutang dengan tanggal dan sistem pembayaran berbeda. Gunakan rekening tersebut untuk menampung dana yang disediakan sebagai pos pembayaran pinjaman.

5.      Berhemat

hutang merupakan kewajiban yang harus segera dibayar. Agar dapat melunasinya, bisa dengan melakukan penghematan, seperti mengurangi pengeluaran, mengganti sarana transportasi dengan yang lebih murah atau mengganti produk yang digunakan dengan kualitas sedikit lebih rendah. Manfaatkan dana tersebut untuk membayar cicilan agar selalu tepat waktu.

6.      Pilih metode pembayaran yang mudah

Selanjutnya, bisa memilih metode pembayaran yang paling mudah. Tidak sedikit yang terlambat membayar cicilan dengan alasan belum mempunyai waktu untuk datang ke perusahaan pemberi pinjaman. Untuk mengatasi hal tersebut bisa menggunakan aplikasi bank digital yang mempunyai fitur transfer guna membayar cicilan dengan mudah dan cepat.

Contoh Perhitungan Menabung

hutang merupakan alternatif yang banyak dilakukan ketika membutuhkan dana dalam jumlah banyak dan waktu cepat. Agar terhindar dari hal tersebut, bisa dengan menabung sehingga ketika membutuhkan uang mempunyai persediaan. Menabung dapat dimulai dengan disiplin dalam pengeluaran setiap bulan, seperti perhitungan berikut ini.

1.      Batasi 50% untuk kebutuhan hidup

Agar bisa menabung dan tidak terlilit hutang, langkah pertama adalah membatasi pengeluaran untuk kebutuhan hidup maksimal 50%. Dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan makan, tempat tinggal, pakaian dan transportasi. Agar semua terpenuhi dengan dana terbatas, bisa membuat rencana belanja yang tepat.

2.      Batasi maksimal 30% untuk kebutuhan lain

Selanjutnya batasi pengeluaran lain maksimal 30%. Pengeluaran ini digunakan untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting seperti menonton film, berlangganan koran digital, TV, keanggotaan olahraga dan lainnya. Dengan mengurangi pengeluaran tersebut agar tidak over budget tidak akan menurunkan kualitas hidup.

3.      Pastikan 20% untuk tabungan

Terakhir, yang sangat penting adalah pastikan menabung minimal 20% dari pendapatan. Untuk mempermudah dalam monitoring tabungan bisa menggunakan aplikasi bank digital sehingga setiap saat bisa memantau progresnya.

Angka 20% ini merupakan nominal paling minimal yang harus disisihkan setiap bulan. Agar konsisten sebaiknya menabung di awal bulan sebelum menggunakan penghasilan untuk keperluan lainnya. Supaya bisa konsisten menabung cukup mudah. Salah satu caranya adalah dengan memasukkannya sebagai pengeluaran bulanan yang wajib dipenuhi. 

Digital Banking, Solusi Menabung Agar Tidak Lagi Terjerat hutang

Image 2: https://img.freepik.com/free-photo/attractive-adult-asian-female-happiness-shopping-online-with-laptop-hand-hold-credit-card-smartphone-purchase-product-with-background-building-garden-outdoor-business-ideas-concept_609648-20.jpg

Tidak sedikit orang yang terjerat hutang sehingga sebagian besar pendapatannya hanya untuk membayar cicilan. Jika tidak konsisten untuk keluar dari persoalan ini, maka akan sulit mendapatkan kebebasan finansial. Agar bisa terbebas dari hutang salah satu caranya dengan mengatur keuangan menggunakan digital banking dari digibank by DBS.

Aplikasi digital banking memudahkan semua orang untuk menyimpan dananya dalam bentuk tabungan dengan transaksi secara online. Ini bisa membantu siapa saja agar tidak lagi terjerat hutang. Kebiasaan menabung bisa diterapkan dari nominal kecil sehingga akan terkumpul jumlah banyak yang mencukupi untuk berbagai keperluan supaya tidak perlu berhutang lagi.

Digital banking dari digibank by DBS bisa menjadi solusi keuangan bagi siapa saja. Kemudahan dalam bertransaksi memberi kesempatan kepada semua orang untuk mulai mengelola keuangan dan menabung sehingga jika membutuhkan uang dalam jumlah banyak dan mendesak tidak bingung. Adapun keunggulannya antara lain:

  • Transaksi aman, lengkap dan mudah
  • Tersedia produk asuransi dan lebih dari 150 pilihan produk investasi
  • Tersedia penawaran kartu kredit dan pinjaman approval 60 detik

Dengan digital banking dari digibank by DBS menabung bisa menjadi semakin mudah karena dapat membuka rekening secara online. Penabung tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi. Semua bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja. Untuk info lebih detail tentang digibank by DBS, silakan klik di sini