by

Begini Gejala Kanker Secara Umum yang Harus Diketahui

Gejala kanker secara umum pada dasarnya bisa diketahui dengan mudah. Meskipun memang, penyakit kanker terdiri dari beragam jenis tergantung organ tubuh mana yang diserang. Hal itu membuat gejala yang ditimbulkan pun akan tergantung pada jenis kanker yang menyerang. Namun, pada umumnya kanker akan memiliki gejala yang sama dan umum dirasakan oleh penderita kanker apapun jenisnya. Berikut ini adalah beberapa gejala kanker yang umum dirasakan.

Nafsu Makan Berkurang

Sel kanker yang menyerang tubuh bisa menyebabkan perubahan pada kinerja metabolisme di dalam tubuh. Hal itu bisa berpengaruh pada kurangnya nafsu makan seseorang. Pada beberapa kasus kanker, utamanya kanker rahim dan usus, kurangnya nafsu makan ini akan semakin besar. Bahkan nyaris penderitanya kehilangan nafsu makan. Hal ini dikarenan sel kanker melakukan penekanan terhadap lambung sehingga perut terasa kenyang terus menerus.

Batuk Berkepanjangan

Adapun gejala kanker secara umum lainnya yaitu batuk secara berkepanjangan. Biasanya, gejala ini sering menipu tenaga medis atau penderita karena menyerupai gejala penyakit lain atau bahkan flu biasa. Meskipun begitu, ada perbedaan signifikan di mana batuk yang jadi gejala kanker disertai dengan nyeri di dada, sesak napas, suara menjadi sesak, dan bahkan berat badan turun drastis. Gejala batuk ini lebih parah dirasakan oleh penderita kanker paru-paru.

Rasa Lelah Berlebihan

Rasa lelah memang normal dan wajar dirasakan oleh kebanyakan masyarakat. Biasanya kondisi ini akan dirasakan setelah beraktivitas yang menguras tenaga. Namun, pada kasus yang terjadi saat seseorang terkena kanker, maka rasa lelah ini akan terjadi terus menerus dengan intensitas yang tinggi. Bahkan rasa lelah cenderung tidak akan hilang walaupun Anda sudah beristirahat.

Demam Berkepanjangan

Selain rasa lelah yang berlebihan, gejala kanker secara umum adalah demam yang terjadi terus menerus. Demam ini bisa disebabkan karena infeksi yang menyerang tubuh. Pada kondisi umum, demam akan hilang dalam beberapa saat dan jika sudah diobati maka suhu tubuh pun akan kembali normal. Namun berbeda dengan penderita kanker, khususnya kanker darah, ginjal dan hati. Demam yang dirasakan akan berlangsung terus-menerus bahkan sulit sekali dihilangkan. Meskipun sudah turun, namun suhu kembali naik setelah beberapa waktu.

Pembengkakan Timus

Timus adalah kelenjar yang biasanya tumbuh di beberapa bagian tubuh. Biasanya, kelenjar ini dikenal dengan sebutan kelenjar getah bening. Salah satu gejala kanker secara umum yang banyak dirasakan oleh penderitanya adalah adanya pembengkakan pada kelenjar ini. Lebih banyak pembengkakan terjadi di bagian leher. Meskipun kelenjar ini bisa membengkak kapan saja, misalnya ketika ada infeksi, namun pembengkakan ini juga jadi tanda kanker. Terlebih untuk jenis kanker mulut, tiroid, atau tenggorokan.

Darah Pada Feses atau Urine

Gejala kanker secara umum lainnya adalah adanya darah yang keluar dari sistem pembuangan tubuh. Seperti di feses atau urine. Saat Anda buang air besar atau kecil, perhatikanlah apa ada darah yang menyertai atau tidak. Warna merah yang ada pada feses pun bisa menjadi tanda awal kanker. Karena bisa jadi merupakan gejala yang berhubungan dengan permasalahan di sistem pencernaan. Seperti kanker lambung atau juga usus.

Selain feses, urine juga bisa menjadi gambaran tentang adanya sel kanker dalam tubuh. Untuk jenis kanker tertentu seperti kanker ginjal dan kantung kemih, maka urine akan bercampur dengan darah. Meskipun, kondisi ini pun bisa jadi tanda infeksi biasa atau masalah lainnya. Namun, saat kondisi ini terjadi, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

News Feed