by

Definisi Laptop, Fungsi serta Jenis Jenis Laptop

Laptop adalah barang wajib yang dimiliki oleh siswa yang diminta untuk melakukan tugas akhir mereka, atau untuk karyawan yang harus menyelesaikan laporan pada akhir setiap bulan. Namun, bagi sebagian orang, terutama mereka yang masih jauh dari jangkauan teknologi, masih banyak yang belum pernah melihat laptop secara langsung. Bahkan, beberapa tidak tahu apa sebenarnya laptop itu.

Di Indonesia sendiri, masih banyak daerah terpencil yang belum tersentuh oleh kemajuan teknologi seperti yang dirasakan oleh warga kota. Selanjutnya saya akan mencoba menjabarkan definisi laptop, pengertian dan jenis-jenis laptop secara umum.

Dari pengertian laptop di atas, dapat disimpulkan bahwa laptop atau biasa disebut komputer portabel dalam bahasa Indonesia adalah versi mini dari komputer. Dengan dimensi yang lebih kecil dan ringkas, laptop adalah unit komponen komputer yang mencakup layar, keyboard, baterai, dan mikroprosesor, yang semuanya menjadi satu dalam bentuk objek yang disebut laptop.

Laptop terkadang juga disebut sebagai komputer notebook atau notebook saja. Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (komputer desktop) pada umumnya. Komponen di dalamnya persis sama dengan komponen pada desktop, hanya ukurannya yang berkurang, dibuat lebih ringan, lebih sedikit panas, dan lebih hemat daya.

Tidak seperti komputer yang harus menggunakan sumber daya AC untuk digunakan, sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A / C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop secara umum dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam, tergantung cara penggunaan, spesifikasi, dan ukuran baterai.

Sebagian besar komputer portabel menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung pada ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard pada laptop juga dilengkapi dengan touchpad yang berfungsi sebagai pengganti mouse.

Apa Saja Jenis Jenis Laptop yang harus Anda Ketahui?

Netbook

Netbook biasanya memiliki ukuran 10 inci – 12 inci dan umumnya menggunakan prosesor Intel Atom. Laptop jenis ini biasanya memiliki bobot lebih ringan, sekitar 1 kg. Netbook menjadi populer ketika Asus merilis produk yang disebut Eee PC. Saat pertama kali diluncurkan, netbook murah ini menggunakan hard disk seperti media penyimpanan USB Flash Disk (UFD) portabel, dengan kapasitas 4GB yang rendah.

Arus utama

Tipe ini adalah tipe laptop pada umumnya atau lebih sering disebut notebook. Laptop ini memiliki karakteristik prosesor yang digunakan, seperti Intel Core i5, i3, dan Core 2 Duo, memori RAM minimal 2GB, memiliki drive untuk membaca dan menulis DVD, keyboard berukuran penuh atau setidaknya 80% lebarnya sendiri.

PC Tablet

Perangkat ini lebih portabel daripada jenis-jenis laptop lainnya. Memiliki layar sentuh sehingga mudah untuk diputar, dan mudah dibawa kemana saja. Mulai tahun lalu, perangkat ini menjadi tren baru. Tren ini dipimpin oleh Apple Inc. yang membawa iPad ke pasar. Namun, ada perbedaan antara PC Tablet dan iPad.

Laptop secara signifikan lebih lambat daripada komputer desktop. tetapi kemajuan dalam teknologi manufaktur telah memungkinkan laptop untuk memiliki kemampuan dan spesifikasi yang sama seperti komputer desktop (PC). Faktanya, laptop kelas atas memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan komputer desktop.

Sebagian besar laptop juga terdiri dari beberapa port I / O, seperti port USB, yang memungkinkan keyboard dan mouse standar untuk digunakan pada laptop. Laptop modern juga sudah memiliki adaptor jaringan nirkabel, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet tanpa perlu kabel melalui jaringan WiFi.

Beberapa merek laptop terkenal yang beredar di Indonesia seperti Acer, Apple, ASUS, Toshiba, Compaq, Dell, Hewlett-Packard (HP), Lenovo, Sony, Toshiba. Demikian artikel tentang definisi dan  jenis laptop, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

News Feed