Hari Nyepi Adalah Hari Raya Umat Hindu, Cari tahu Keunikannya

Gaya Hidup17 views

Hari Nyepi adalah salah satu perayaan suci yang dinantikan oleh Umat Hindu di seluruh Nusantara. Berdasarkan perhitungan kalender Saka, tahun ini hari raya umat Hindu akan jatuh pada tanggal 22 Maret. Sama halnya dengan hari raya agama lain, Nyepi mempunyai tujuan religius yang sangat mendalam. Umat Hindu akan memohon Tuhan untuk menyucikan alam manusia dan semesta. Hari raya Nyepi juga memiliki beberapa keunikan berikut ini:

Nyepi adalah Hari Raya yang Meriah

Meskipun tujuannya sama, Nyepi memiliki cara yang berbeda dengan hari raya agama lain. Biasanya, saat hari raya orang-orang akan berkumpul dengan keluarga, bertukar bingkisan, makan-makan, dan menyanyikan lagu pujian. Namun, Nyepi dirayakan dengan penuh keheningan dan kesunyian. Selama satu hari, umat Hindu akan berdiam diri di rumah dan melakukan perenungan.

Hanya Ada di Indonesia

Nyepi merupakan momen pergantian tahun baru Saka yang hanya ada di Indonesia. Sebenarnya umat Hindu India juga merayakan pergantian tahun ini, namun dengan cara yang gegap gempita atau meriah.

Berlangsung Selama 24 Jam

Nyepi dilaksanakan umat Hindu Bali selama 24 jam mulai pukul 4 pagi dengan menjalankan empat pantangan. Empat pantang tersebut adalah tidak menyalakan api, tidak bekerja, tidak bepergian, dan tidak ada hiburan.

Pawai Ogoh-ogoh

Dua atau tiga hari sebelum Nyepi, umat Hindu Bali akan melaksanakan upacara penyucian Melasti. Upacara ini dilakukan dengan cara pergi ke tempat-tempat suci di danau atau pantai. Tujuan dari upacara ini adalah untuk membersihkan diri manusia dan alam semesta.

Sementara itu, sehari sebelum Nyepi akan diadakan upacara Bhuta Yadnya dan pawai Ogoh-ogoh. Hal ini bertujuan untuk mengusir roh jahat atau makhluk yang selalu mengganggu manusia.

Itulah beberapa keunikan hari raya Nyepi yang dijalankan oleh umat Hindu. Tahun ini, jatuhnya hari Nyepi adalah tepat sehari sebelum bulan Ramadhan. Oleh karenanya, Anda bisa memanfaatkan momen liburan Nyepi untuk mempelajari tips sehat saat puasa agar tetap semangat beraktivitas.

Sambil mengisi waktu luang saat puasa nanti, Anda juga bisa bergabung ke program EF Adults, kursus bahasa Inggris untuk dewasa. EF Adults siap membimbing Anda agar lebih mahir berbahasa Inggris dan siap berkomunikasi dengan orang-orang dari seluruh penjuru dunia.