Ini 6 Penyakit yang Disebabkan Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya Hidup4 views

Munculnya suatu penyakit bukan hanya disebabkan oleh infeksi kuman atau karena imunitas tubuh yang lemah saja. Tahukah kamu bahwa gaya hidup tidak sehat juga memiliki peran signifikan terhadap berkembangnya suatu penyakit?

Gaya hidup yang tidak aktif, pola makan yang tidak sehat, merokok, konsumsi alkohol secara berlebihan, semuanya merupakan faktor yang bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit serius. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 14 juta orang berusia 30-69 tahun meninggal terlalu dini akibat penyakit, seperti serangan jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Selain orang dewasa, penyakit akibat gaya hidup tidak sehat tersebut juga mulai menyasar orang-orang yang lebih muda. 

Penyakit Gegara Gaya Hidup Tidak Sehat

Berikut adalah penyakit yang umum terjadi akibat gaya hidup sehat tidak sehat:

1. Obesitas

Obesitas adalah kondisi kesehatan yang terjadi ketika indeks massa tubuh seseorang lebih tinggi daripada normal. Kondisi tersebut sering kali disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan gaya hidup sedentari. 

Contoh pola makan tidak sehat, seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji, minuman berkalori tinggi dan kurang mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Sedangkan gaya hidup sedentari yang bisa menyebabkan obesitas, seperti menghabiskan banyak waktu untuk duduk atau rebahan, serta jarang berolahraga.

Nah, orang yang kelebihan berat badan rentan terkena berbagai penyakit. Mulai dari masalah pernapasan, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan masih banyak lagi. 

2. Diabetes tipe 2

Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, obesitas merupakan salah satu penyebab utama diabetes tipe dua. Jenis diabetes ini terjadi ketika tubuh tidak bisa menggunakan insulin secara efektif. Diabetes tipe 2 berkembang pada orang dewasa dan sering kali disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk dan gaya hidup yang tidak sehat.

3. Penyakit jantung

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, yang mengambil lebih dari 17 juta jiwa setiap tahun. Lebih dari faktor genetik, ada bukti kuat bahwa kurangnya aktivitas fisik, merokok, diabetes, kolesterol tinggi, dan hipertensi berperan penting dalam berkembangnya penyakit jantung pada orang muda.

Di zaman yang serba instan saat ini, sangat penting untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung, apalagi bagi orang yang memiliki riwayat keluarga dengan kondisi serius ini.

4. Stroke

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan stroke bila tidak segera diatasi dan diberikan pengobatan yang tepat. Stroke terjadi ketika ada gangguan atau pengurangan suplai darah ke bagian otak, sehingga jaringan otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi.

Selain merokok, pola makan yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans, serta sedikit mengonsumsi buah dan sayuran, bisa meningkatkan kolesterol yang akhirnya menyebabkan stroke.

5. Kanker

Stres sangat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Ketika stres dibiarkan berkepanjangan, hal itu bisa meningkatkan kemungkinan pertumbuhan kanker karena sel darah putih kehilangan kekuatannya untuk memerangi virus yang masuk ke tubuh seseorang. 

Karena itu, mungkin ada pertumbuhan sel yang tidak teratur yang bisa menyebabkan kanker. Selain stres, gaya hidup tidak sehat lainnya, seperti merokok dan terlalu banyak terpapar sinar matahari juga bisa menyebabkan kanker.

6. Sirosis

Penyebab utama sirosis adalah konsumsi alkohol berlebihan dalam jangka waktu lama. Gaya hidup tidak sehat tersebut bisa berdampak buruk pada hati yang akhirnya menyebabkan penyakit hati kronis. Penyakit ini umum terjadi karena banyak orang mengonsumsi alkohol setiap hari untuk menghilangkan stres.