by

Ini Dia Formasi Permainan Bola Basket yang Efektif

Permainan bola basket tergolong dalam jenis olahraga yang menggunakan bola besar. Permainan ini sendiri digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan, pertandingannya sendiri sudah menyebar di berbagai negara khususnya di Amerika Serikat. Satu hal yang perlu diketahui dalam permainan bola basket adalah seorang pembasket haruslah menguasai beragam teknik dasar dari permainan ini. Tidak hanya itu saja namun strategi juga diperlukan saat bermain basket.

Nah salah satu strategi yang dibutuhkan untuk memenangkan pertandingan adalah pengaturan formasi pemain. Hal ini cukup penting dan berpengaruh pada performa pemain itu sendiri di mana permainan basket memang membutuhkan formasi pemain yang sesuai. Apa saja formasi pemain dalam permainan basket? Berikut beberapa formasi dalam permainan bola basket yang sering digunakan.

Formasi 2- 3

Formasi pertama yaitu formasi 2-3 dimana formasi ini cukup sering digunakan oleh tim basket. Ada dua pemain yang berada di area dan pemain tiga lainnya berada di belakang dua pemain tersebut. Posisinya adalah satu pemain berada di area paint sedangkan dua pemain lainnya berada di samping paint. Formasi ini cukup efektif dan sering digunakan karena pemain lebih leluasa untuk mengontrol bola serta menjaga area sendiri dari serangan lawan.

Formasi 3-2

Adapun yang dimaksud dengan formasi 3-2 tidak berbeda jauh dengan formasi sebelumnya. Hanya saja posisi pemain yang memang sedikit berbeda di mana tiga pemain bertahan berada di three point line serta dua pemain lainnya berada di posisi paint are.

Formasi 1-3-1

Formasi ketiga yang cukup sering digunakan adalah 1-3-1 dimana pemain basket membutuhkan penguasaan teknik yang baik. Ada tiga pemain bertahan yang ada di three point lin, satu pemain lagi berada di area sedangkan pemain satunya yang lain ada di dekat midcourt line.

Dengan tiga jenis formasi yang umum dilakukan dalam satu pertandingan bola basket tentu tim bisa memilih salah satu dan menukarnya setiap pertandingan yang berlangsung. Tujuannya agar lawan tidak mudah membaca tentang teknik atau strategi di mana mereka akan menerapkan posisi bertahan. Satu hal yang perlu diketahui bahwa formasi ketiganya ini cukup efektif dan bisa digunakan sepanjang mengikuti strategi yang baik.

Adapun yang dimaksud dengan strategi yang tepat yaitu memilih pemain yang memang mumpuni serta sesuai dengan posisi atau perannya. Karena tidak semua pemain bisa menguasai banyak teknik dalam permainan bola basket. Biasanya peran dari instruktur atau pelatih sangat dibutuhkan untuk melihat sampai sejauh mana kemampuan dari pemain basket itu sendiri.

Untuk memenangkan suatu pertandingan dalam bola basket maka satu hal yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana peraturan dari permainan bola basket. Meskipun permainan ini memiliki aturan yang sudah ditetapkan oleh standar internasional tapi tidak ada salahnya juga untuk mengetahuinya secara detail. Terlebih bagi para pemain yang dibagi menurut formasi masing-masing karena pemain yang bertahan itu berbeda teknik yang dilakukan dengan pemain yang menyerang termasuk peraturan yang mengikatnya.

Demikianlah penjelasan mengenai formasi dalam permainan bola basket yang bisa disesuaikan saat melakukan pertandingan. Nah, bagi Anda yang ingin bermain dengan sahabat tentu tidak ada salahnya menerapkan salah satu diantara ketiga formasi tersebut. Lagipula, tujuan permainan bola basket adalah untuk membuat tubuh jauh lebih bugar dengan cara menyenangkan. Terlebih, dengan adanya formasi tersebut akan membuat permainan menjadi jauh lebih menarik. Yuk, berlatih dari sekarang!