by

Inilah Kandungan di Dalam Susu yang Dapat Menjadi Penambah ASI

Ibu menyusui sering kali dihinggapi ketakutan jika produksi asi tidak mencukupi kebutuhan bayi. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mencegahnya, salah satunya minum susu pelancar ASI. Apakah ada pengaruh kandungan pada susu penambah asi terhadap kelancaran ibu saat menyusui?

Banyak atau sedikitnya produksi ASI ibu sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti seringnya menyusui langsung, jeda antara dua sesi menyusui, dan perlekatan bayi saat mengisap ASI dari payudara ibu.

Namun, tidak dimungkiri bahwa konsumsi makanan, obat, dan suplemen juga bisa memengaruhi kualitas dan kuantitas ASI ibu.

Susu pelancar ASI yang beredar di pasaran biasanya berbahan dasar susu sapi, ada pula yang berbasis pada susu almond atau susu kedelai bagi ibu yang alergi protein susu sapi. Susu ini bisa diperkaya nilai gizi lain atau ditambahkan ekstrak bahan alami yang dipercaya dapat melancarkan ASI, seperti daun katuk atau fenugreek.

Selama Anda meyakini bahwa kandungan pada susu penambah asi memang dapat melancarkan produksi ASI, tidak ada salahnya menjadikan susu sebagai diet Anda selama menyusui Si Kecil. Tetapi, jangan lupa juga untuk menerapkan prinsip dasar cara meningkatkan ASI sesuai rekomendasi dokter seperti lebih sering menyusui, memompa saat jeda menyusui, serta menyusui dari kedua payudara.

Cara Meningkatkan Produksi ASI

Ada beberapa cara yang bisa Mum lakukan untuk meningkatkan produksi ASI, di antaranya:

1. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Salah satu kunci meningkatkan produk ASI adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Idealnya, makanan bergizi yang berguna untuk meningkatkan produksi ASI harus mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks, dan juga berbagai vitamin serta mineral seperti folat, kalsium, kalium, vitamin C, vitamin D, dan masih banyak lainnya. 

2. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Selain mengonsumsi makanan bergizi, cara lain yang bisa Mum terapkan untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan. Jika cairan yang Mum konsumsi selama menyusui sedikit, otomatis produk ASI juga akan sedikit pula, begitupun sebaliknya. 

3. Pijat Payudara

Pijat payudara juga jadi salah satu cara yang efektif untuk membantu melancarkan produksi ASI bagi para ibu menyusui. Cara ini pun dapat digunakan untuk mencegah sekaligus mengobati masalah saat menyusui, seperti payudara bengkak (mastitis). 

4. Rajin Pompa ASI

Ingin ASI lancar dan banyak? Rutinlah untuk memerah ASI dengan cara memompanya. Semakin sering memompa ASI, payudara akan cepat kosong dan semakin banyak pula ASI baru yang diproduksi.

5. Minum susu penambah ASI

Salah satu susu penambah ASI yang bisa dipilih untuk dikonsumsi adalah Anmum Lacta dengan NUELIPID. Susu khusus ibu menyusui ini mengandung berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan produksi ASI seperti gangliosida & DHA, kalsium, zat besi, vitamin B1, B2, omega 3 dan 6, serta protein. Selain itu, Anmum Lacta dengan NUELIPID juga kaya akan serat pangan yang berguna untuk memperlancar saluran cerna, sehingga membuat penyerapan nutrisi di tubuh Mum semakin maksimal.