Jangan Tunda Bertaubat, Ini Beberapa Manfaat yang Bisa Didapat

Gaya Hidup12 views

Agar dapat menghapus dosa dari kesalahan yang dilakukan, dianjurkan untuk umat Muslim bertobat dengan niat sholat taubat, kalau seorang Muslim bertaubat, maka ia berarti meninggalkan kebiasaan maksiat menuju jalur ketaatan sesungguhnya kepada Allah. Manusia tidak akan luput dari kesalahan, kita perlu sering bertaubat agar membersihkan diri, bisa mempertebal keimanan dan manfaat lainnya. Bagi yang ingin benar-benar niat bertaubat, inilah manfaat tobat yang perlu dipahami dengan baik.

Dengan taubat bisa membawa jalan kesuksesan

Kalau menempuh rute kehidupan yang dilarang oleh Allah, berarti memilih kehilangan baik itu rahmat, bantuan, penghargaan, perlindungan dan bantuan Allah. Tapi saat sungguh-sungguh melakukan taubat, yakinlah terhadap bantuan-Nya di dalam kehidupan kita.

Contoh kesuksesan dalam dunia yaitu seperti kekayaan, anak, berkah, dan peningkatan produktivitas.

Mendatangkan pahala dan keimanan

Kalau hati kita sudah dibersihkan dosa-dosanya, maka lebih mudah untuk menerima berbagai nasehat kebaikan dalam kehidupan. Karena akan mudah diterima, akan mudah juga untuk diamalkan nantinya. Tumpukan dosa tertutupi dengan pahala yang berlimpah usai bertaubat.

Surat An-Nisa:146 menjelaskan mengenai poin satu ini dengan arti seperti ini:

“..Kecuali orang-orang yang bertaubat, memperbaiki diri dan berpegang teguh dengan agama Allah serta mengikhlaskan agama untuk Allah, mereka itulah yang bersama dengan kaum beriman dan Allah akan memberikan kepada kaum beriman pahala yang sangat besar.”

Bertaubat bisa menjauhkan kesulitan

Dari semakin banyaknya kita berbuat keburukan, semakin kita biisa kehilangan berkah dari Allah dan makin banyak juga cobaan yang perlu kita tanggung. Dengan taubat, maka bisa memberi kita arah jalan keluar terbaik dari kesulitan di dalam hidup. At Taubah:126 menjelaskan mengenai poin satu ini dengan arti seperti ini:

“Dan tidakkah mereka (orang-orang munafik) memperhatikan kalau mereka diuji sekali atau dua kali tiap tahun, namun mereka tidak (juga) bertaubat dan tidak (pula) mengambil pelajaran?”

Kamu mungkin merasa kalau kesulitan terus datang, mungkin kamu butuh bertobat untuk dijauhkan dari kesulitan tersebut.

Allah mencintai umatnya yang bertaubat

Taubat merupakan salah satu golongan ibadah yang dicintai-Nya, firman Allah dalam Al Baqarah:222 memiliki makna seperti berikut:

“Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.”

Tujuan kita dalam hidup di dunia ini tentunya hanya untuk beribadah kepada Allah SWT, jika kita dicintai Allah, maka hal yang kita lakukan di dunia bisa diridhoi. Kita akan terhindar dari perbuatan tercela dan menuntun ke jalan lurus.

Bertaubat bisa membuat seseorang bahagia

Tujuan dalam hidup salah satunya adalah merasa bahagia yang bisa didapat dari berbagai hal, tidak mesti uang saja yang membuat kehidupan di dunia menjadi bahagia. Bertaubat adalah salah satu upaya yang mampu membersihkan hati.

Dengan taubat, maka membuat kita lebih ringan menjalani hidup, sama seperti jika berbuat hal yang buruk, maka dosa bisa membuat kita merasa terbebani dengan berat dosa tersebut. Kalau kamu merasa kurang bahagia, maka bisa coba segera bertaubat dengan ikhlas dan khusyuk, maka niscaya beban akan berkurang dan membuat kamu lebih mudah untuk bahagia.

Jalan masuk surga dan terhindar dari api neraka

Mereka para Muslim dengan niat dan sikap benar-benar bertaubat lalu tidak kembali mengulangi lagi dosanya, maka Allah SWT membukakan jalan mudah baginya untuk menuju surga. Hal ini sebagaimana yang terdapat pada firman Allah SWT di surat Maryam:59 – 60.