by

Jenis-jenis Social Media Marketing yang Harus Kalian Ketahui

Social media marketing ataupun pemasaran media sosial merupakan bentuk dari pemasaran digital yang akan menggunakan sebuah platform sosial dan juga situs web jaringan untuk membantu mempromosikan sebuah layanan organisasi atau produk lewat cara yang tidak berbayar dan juga berbayar. Sekitar tahun 1929, seorang penulis yang berasal dari Hungaria yaitu Frigyes Karinthy mengemukakan sebuah konsep yang disebut sebagai Six Degrees of Separation dalam cerita pendek miliknya yang diberi judul “Chains”.

Konstruksi inilah yang akhirnya menyebarkan sebuah gagasan bahwasanya setiap orang yang ada di dunia ini bisa dihubungkan lewat maksimal enam dari koneksi sosial. Maju dengan sangat cepat sekitar 68 tahun, Andrew Weinreich pada tahun 1997 memperkenalkan Six Derees yang merupakan sebuah situs jejaring sosial pertama yang ada di dunia. Platform tersebut menggunakan sebuah konsep dari pemisahan enam derajat sebagai salah satu fondasi untuk bisa memungkinkan para penggunanya bisa terhubung.

Social media marketing sendiri merupakan sebuah bentuk dari pemasaran digital yang menggunakan suatu media sosial dan juga situs web jaringan untuk membantu mempromosikan sebuah produk ataupun layanan organisasi dengan cara organik serta berbayar.

Ini merupakan sebuah platform di mana nantinya para pemasar bisa berinteraksi dengan para pelanggan mereka, mengumumkan adanya sebuah layanan serta produk baru, menyelesaikan adanya keluhan dan juga pertanyaan, membangun komunitas mereka, mendapatkan sebuah umpan balik serta rekomendasi.

Pemasaran sosial media ini juga melibatkan sebuah aktivitas misalnya seperti membangun kehadiran di suatu jejaring sosial, melibatkan pelanggan dan juga prospek lewat sebuah konten, menyebarkan kesadaran tentang merek, mengarahkan suatu lalu lintas ke situs web, dan masih banyak lagi. Marketer dari media sosial juga menggunakan sebuah media sosial untuk pertama kali hadir di suatu platform sosial yang cukup populer, menemukan serta menjangkau para pelanggan dan juga calon pelanggan mereka, kemudian mempromosikan sebuah layanan serta produk dan melibatkan para audiens untuk bisa meningkatkan sebuah konversi. Di bawah ini sospedia.id akan memberikan kalian beberapa jenis dari social media marketing.

Twitter

Twitter ini akan memungkinkan kalian untuk bisa mengekspresikan sebuah pendapat kalian dalam 28 karakter. Dan dikenal sebagai salah satu perintis dari penggunaan hashtag, Twitter sendiri merupakan sebuah platform media sosial untuk para penggunanya agar bisa menjangkau merek dan juga selebriti, berbagi pemikiran, dan mengonsumsi sebuah cuplikan serta berita tentang informasi.

Facebook

Kalian harus bisa hadir di suatu platform Facebook, hal ini untuk bisa menggabungkan beberapa fitur yang terbaik dari setiap suatu platform media sosial serta besar kemungkinan para audiens kalian juga akan ikut menggunakannya. Kalian bisa menggunakan Facebook ini untuk berbagi sebuah konten dari bisnis dan juga produk kalian, menjalankan sebuah iklan, terlibat dengan para pelanggan, atau bahkan kalian juga bisa menggunakannya sebagai salah satu platform untuk memberikan sebuah dukungan  pelanggan.

Instagram

Instagram sendiri merupakan sebuah platform visual yang berbasis seluler dan akan memungkinkan kalian untuk bisa berbagi video atau gambar. Popularitas dari Instagram sendiri sudah meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini dan bahkan sudah diperkirakan bisa tumbuh menjadi lebih besar lagi karena memang para konsumen terus saja menyukai sebuah video vertikal, cerita dan juga video langsung. Instagram juga meluncurkan sebuah platform video vertikal atau yang bisa disebut sebagai IGTV yang akan memungkinkan kalian untuk bisa berbagi sebuah video dengan durasinya yaitu sekitar satu menit lebih.

News Feed