by

Mengenal Apa Itu Saham, Jenis, Keuntungan dan Cara Membelinya

Apa itu saham? Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai dari sebuah perusahaan atau sebuah bukti penyertaan modal. Jika Anda memiliki saham dari sebuah perusahaan, maka bisa dikatakan bahwa Anda merupakan bagian dari perusahaan tersebut sebagai seorang investor.

Selain itu, para pemegang saham juga berhak mendapatkan dividen atau pembagian laba dari perusahaan terkait sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya

Pengertian Saham

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Saham memiliki arti “hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagi dalam pemilikan dan pengawasan”.

Wujud dari saham berupa lembaran-lembaran kertas yang menyatakan bahwa yang namanya tercantum dalam lembaran tersebut adalah pemilik sah dari suatu perusahaan dengan persentase sesuai dengan nilai investasi yang ditanamkan pada perusahaan tersebut.

Keuntungan Saham

Berinvestasi saham memiliki beberapa keuntungan, salah satunya memiliki nilai keuntungan yang tinggi, baik dari dividen maupun dari kenaikan harga saham. Namun, yang perlu diingat adalah investasi saham juga memiliki risiko yang lebih tinggi dibanding instrumen investasi lainnya, seperti obligasi, deposito, tabungan berjangka, atau emas. 

Risiko yang paling umum terjadi ketika berinvestasi saham adalah harga saham yang turun lebih rendah dibandingkan saat pembeliannya. Kerugian ini akan semakin besar jika harga saham semakin terjun bebas.

Harga saham sendiri dipengaruhi oleh banyak hal. Tidak hanya bergantung pada kinerja dari suatu perusahaan, namun juga dipengaruhi oleh psikologi pasar.

Cara Membeli Saham

Untuk memulai berinvestasi saham, Anda bisa membeli saham melalui suatu perusahaan sekuritas atau broker. Perusahaan sekuritas bertindak sebagai perantara antara calon investor dengan pasar saham.

Untuk membeli suatu saham, maka Anda perlu menyiapkan dana yang diperlukan sesuai dengan harga saham yang akan dibeli dan membayar biaya transaksi untuk perusahaan sekuritas.

Anda pertama-tama harus memiliki rekening saham yang bisa dibuat melalui perusahaan sekuritas, lalu Anda bisa menyetorkan modal untuk membeli saham ke dalam rekening tersebut. Setelah itu, Anda baru bisa melakukan transaksi saham melalui perusahaan sekuritas yang Anda pilih sebelumnya.

Itulah penjelasan singkat darsaya mengenai apa itu saham, pengertian, jenis, keuntungan, dan  cara membelinya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi kedepannya dalam berinvestasi. Dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa saham merupakan sebuah hak kepemilikan dari sebuah perusahaan sebagai bentuk dari penanaman modal perusahaan yang diperoleh dari para investor.