by

Metode Pemasaran melalui Email, Seberapa Penting?

Menggunakan email untuk pemasaran produk sangat penting dilakukan. Penggunaannya yang mudah dan hampir tanpa biaya membuat banyak perusahaan besar maupun kecil melakukan metode ini. Namun ada beberapa orang yang tidak tahu dari peran email marketing ini, sehingga ada pertanyaan yang muncul, apakah penting menggunakan email sebagai strategi pemasaran? Untuk menjawabnya, mari kita ulas bersama-sama.

Alasan Kenapa Email Marketing Sangat Penting

Email marketing merupakan cara pemasaran yang dilakukan pelaku usaha, baik itu perseorangan atau perusahaan skala besar dengan menggunakan layanan berbasis pesan elektronik. Ada banyak jenis email gateway yang umum digunakan. seperti Gmail, Yahoo, AOL dan bahkan anda bisa menggunakan email dengan domain pribadi agar terlihat lebih professional.

Penggunaan email untuk marketing masih menjadi favorit bagi banyak pelaku usaha karena mempunyai banyak keuntungan. Diantara keuntungan yang bisa didapatkan sudah kami kumpulkan sebagai berikut.

1. Personalisasi Sasaran Pelanggan

Pernah menerima email yang memuat nama anda pada judulnya? Ya, itu bisa anda lakukan ketika menggunakan email sebagai metode pemasaran. Apa yang anda lakukan ketika mendapat Email tersebut? Sudah hampir bisa dipastikan bahwa anda akan membukanya karena anda merasa spesial. Itulah salah satu faktor pentingnya email marketing, dengan memuat personalisasi data sasaran, kemungkinan besar akan meningkatkan konversi klik.

2. Pengumpulan Data

Anda bisa mengumpulkan data dari konsumen dengan cara yang mudah. Misalkan anda ingin mengumpulkan data tentang tingkat kepuasan pelanggan, anda bisa melakukan survey kepada mereka. Contoh pengumpulan data yang lain bisa dilakukan dengan memberikan poling terhadap apa saja yang terkait dengan produk yang anda miliki. Dari kedua komunikasi tersebut, anda bisa mengumpulkan data feedback yang akan berguna bagi perkembangan usaha yang dijalankan.

3. Meningkatkan Penjualan

Tujuan dari pemasaran tidak lain adalah untuk memasarkan barang atau jasa agar audience melakukan pembelian. Dengan menggunakan email sebagai media promosi, kemungkinan konversi penjualan produk anda semakin meningkat, tentu saja jika dilakukan dengan cara yang tepat.

4. Meningkatkan Traffic Website

Tidak harus seputar produk dan penjualan, email juga sangat membantu untuk menaikkan pengunjung pada website yang anda miliki. Alasannya tidak lain adalah, email yang anda kirimkan akan menuntun audience untuk membuka website didalamnya. Alasan penting ini harus diimbangi dengan konten yang ada pada email tersebut. untuk itu anda harus memastikan bahwa konten yang dikirim sudah memenuhi syarat terbaik untuk Call to Action (CTA).

5. Hemat Biaya dan Efisien

Berapa biaya yang harus anda keluarkan untuk beriklan di televisi? Berapa budget yang harus disiapkan untuk iklan di media sosial? Silahkan anda bandingkan dengan biaya ketika menggunakan email sebagai metode pemasaran. Anda mungkin hanya memerlukan biaya untuk membuat desain grafis jika memang diperlukan.

6. Komunikasi dengan Pelanggan

Alasan yang terakhir adalah anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan tanpa ada kesulitan. Seperti yang telah diketahui bahwa komunikasi adalah hal yang paling penting dalam dunia pemasaran. Dengan komunikasi yang baik, kemungkinan akan tercipta loyalitas yang tinggi. Yang harus diperhatikan adalah, anda harus mampu menjawab semua pertanyaan mereka. Juga harus mampu untuk menghadapi segala keluhan yang ada agar tercipta komunikasi yang baik. Jangan pernah mengabaikan pertanyaan maupun keluhan apapun, karena akan mengakibatkan mereka meninggalkan anda.

Dari beberapa alasan tersebut, maka kita sudah dapat menjawab pertanyaan diatas. Apakah metode pemasaran melalui email itu penting? Maka jawabannya adalah sangat penting.

News Feed