by

Minuman Penyejuk yang Cocok untuk Pengganti Keringat Setelah Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang perlu dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar sehingga bisa menambah daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan juga tidak mudah terkena penyakit. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari keringat atau olahraga yakni salah satunya dengan maraton, jalan sehat, push-up, dan masih banyak lagi.

Anda pasti sering mendengar istilah cari keringat. Biasanya, aktivitas yang berkaitan dengan olahraga ini dilakukan di pagi hingga sore hari, dengan olahraga intensitas menengah hingga tinggi. Bahkan demi ‘mandi keringat’, banyak orang yang rela berolahraga di tengah gempuran cuaca panas.

Terlepas dari apapun tujuan Anda berolahraga hingga menyebabkan mandi keringat, ada resiko dehidrasi yang mulai mengintai. Tentu ini tidak dibiarkan, ada banyak dampak buruk yang bisa terjadi saat Anda kehilangan banyak cairan tubuh.

Oleh karenanya karena banyaknya keringat yang keluar setelah olahraga, maka disarankan untuk mengonsumsi air putih sehingga bisa mengganti cairan yang banyak terbuang, atau bisa juga dengan mengonsumsi minuman sejuk sebagai pengganti keringat.

Yang Terjadi Saat Mandi Keringat

Saat suhu tubuh meningkat akibat olahraga atau cuaca sedang panas, tubuh akan langsung berusaha menyeimbangkannya dengan mengeluarkan banyak keringat. Dalam keringat sendiri bukan hanya terkandung air, tapi juga beberapa mineral penting, dan elektrolit dalam tubuh.

Jika tubuh dibiarkan dalam kondisi kekurangan cairan, dampaknya bisa sangat fatal. Contohnya, kehilangan banyak keringat akan menyebabkan keseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh terganggu, dan otomatis beberapa fungsi dari organ penting, seperti otot, otak dan sistem saraf akan terganggu.

Kondisi tersebut akan membuat Anda merasa sangat lemas, kesulitan fokus hingga koordinasi antar organ tubuh terganggu. Tidak hanya itu, detak jantung akan meningkat, kinerja ginjal menjadi sangat berat, hingga pernafasan yang tidak stabil.

Puncaknya, kondisi ini akan menyebabkan Anda mulai pusing, sedikit linglung, hingga akhirnya kehilangan kesadaran hingga koma. Jika tidak mendapat penanganan yang tepat, dehidrasi parah bisa menyebabkan kematian. Resiko ini semakin meningkat jika terjadi pada lansia dan anak-anak.

Trik Aman Berolahraga

Untuk mencegah dampak buruk tersebut, Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan cara minum 2-3 liter air putih per hari. Selain itu, Anda juga disarankan minum setidaknya 2-3 gelas air putih 2 jam sebelum berolahraga.

Setelah berolahraga, Anda disarankan mengkonsumsi Coolant, minuman Ion yang mengandung elektrolit tinggi. Ini penting, mengingat komposisi dalam produk minuman Ion tersebut sangat mirip dengan cairan tubuh sehingga lebih mudah dan cepat diserap tubuh.

Minuman Ion Coolant dari Enesis tersebut mengandung magnesium, kalium, dan natrium alami yang berasal dari mata air pegunungan, sehingga bukan hanya menyegarkan dan ampuh menurunkan suhu tubuh dengan cepat, tapi juga aman dikonsumsi siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Selain itu, Coolant mengandung sari penyejuk alami yang berasal dari ekstrak chrysanthemum dan ekstrak bengkoang yang mengandung antioksidan, senyawa alami yang berfungsi mencegah dampak buruk dari radikal bebas, dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, antioksidan dalam kedua bahan alami tersebut mampu membantu metabolisme tetap lancar, dan mengoptimalkan fungsi organ utama dalam tubuh.

Coolant terdiri dari 3 varian rasa, diantaranya ekstrak star fruit atau belimbing, ekstrak bengkoang, dan ekstrak lychee. Anda bisa mendapatkannya di warung terdekat, minimarket, supermarket, atau bisa juga dipesan lewat situs e-commerce, seperti Shopee, dan masih banyak lagi toko online yang bisa dipilih untuk mendapatkan minuman penyejuk tersebut.

Untuk mendapatkan kesegaran yang lebih maksimal, sebaiknya Coolant disajikan dalam kondisi dingin. Anda bisa menyimpannya dalam chiller atau mencampurkannya dengan es batu. Untuk penyimpanan jangka panjang, simpan di tempat sejuk dan kering.

Demikianlah ulasan singkat mengenai minuman sejuk yang berfungsi untuk mengganti keringat setelah olahraga. Tidak lupa juga untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung air seperti semangka, melon, jambu air, dan masih banyak lagi sehingga dapat memenuhi asupan cairan dalam tubuh.