by

Mobil Listrik Bebas Pajak, Produsen Truk Berlomba Ciptakan Inovasi

Mobil listrik memiliki beberapa kelebihan potensial jika dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran biasa. Kelebihan utama adalah mobil listrik tentu tidak menghadirkan emisi seperti kendaraan bermotor. Tidak hanya itu, mobil listrik juga mengurangi emisi gas rumah kaca karena tidak membutuhkan bahan bakar fosil sebagai penggerak utamanya. Hal ini berefek pada permintaan minyak dari luar negeri berkurang di beberapa negara maju. Bagi negara berkembang, harga minyak yang tinggi semakin memberatkan neraca pembayaran yang berefek pada pertumbuhan ekonomi negara.

Pemerintah sedang mempersiapkan sekaligus mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.  Peraturan Pemerintah terkait regulasi kendaraan listrik sudah dipersiapkan. Walaupun masih menunggu, pemerintah mengusahakan akan segera diselesaikan. Ditambah lagi, pemerintah menargetkan 20% mobil listrik beredar di Indonesia pada tahun 2025. Selain itu, dukungan pemerintah lainnya adalah memfasilitasi perusahaan asing yang ingin menaruh modalnya pada sektor kendaraan listrik dengan menghadirkan kebijakan bebas pajak atau tax holiday. Insentif tax holiday ini nantinya akan diberikan kepada industry pembuatan komponen utama sistem penggerak yang mendukung industry pembuatan kendaraan listrik.

Sebenarnya, ada tiga alasan penting mengapa pemerintah mendorong Indonesia untuk mengembangkan industry otomotif menuju era elektrifikasi otomotif. Pertama, energy security atau kemandirian energy. Hal ini merupakan kemampuan bangsa dan negara untuk memanfaatkan keanekaragaman energy dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam, manusia, social, ekonomi, dan kearifan lokal secara bermartabat. Kedua, produk industri diharuskan ramah lingkungan. Ketiga, mendorong segmen-segmen lokal pada produk otomotif dalam cakupan nasional agar memberi manfaat besar bagi ekonomi negara. Namun, ada beberapa faktor yang menghambat pertumbuhan penggunaan mobil listrik, yakni sedikitnya stasiun pengisian untuk mobil listrik, ditambah ketakutan pengemudi akan habis baterai di tengah perjalanan.

Melihat aturan kendaraan listrik yang sedang dicanangkan pemerintah, sejumlah produsen menyambut dengan antusias rencana pemerintah untuk penerbitan peraturan terkait kendaraan listrik. Produsen truk canter Mitsubishi, yang sebelumnya telah mengeluarkan produk truk elektronik diharap terus mengembangkan produk serupa dengan terus meningkatkan kualitas agar mampu menjadi truk paling tangguh di Indonesia dan bersaing di kancah Internasional.

News Feed