by

Mudahnya Cara Membuat Nasi Tumpeng

Nasi Tumpeng Jakarta – merupakan salah satu makanan khas yang sudah turun temurun di pertahankan oleh masyarakat Indonesia. Nasi Tumpeng ialah jenis nasi yang berbeda dari nasi pada umumnya, karena biasanya nasi tumpeng berwarna kuning. Warna kuning yang di menggunakan oleh nasi tumpeng memakai pewarna alami yang di hasilkan oleh kunyit. Masyarakat Indonesia menyakini warna kuning memiliki sebuah makna simolik. Masyarakat Indonesia mengartikan nasi kuning melambangkan emas yakni memiliki simbol kemakmuran, kekayaan, dan juga keberuntungan.

Masyarakat Indonesia biasanya mengunakan nasi tumpeng pada acara tertentu seperti syukuran, peresmian, pesta pernikahan, upacara pembukaan bahkan sampai dengan pesta ulang tahun bisa menggunakan nasi tumpeng. Bila anda yang berdomisili di daerah Jakarta dan juga sekitarnya ada banyak sekali jasa pembuatan nasi tumpeng, yang bisa anda manfaatkan untuk di gunakan dalam berbagai acara. Jadi anda tidak perlu repot-repot untuk membuat sebuah nasi tumpung. Akan tetapi bagi anda yang ingin belajar membuat nasi tembung, caranya sangatlah mudah. berikut saya akan jelaskan bagaimana cara membuat nasi tumpeng.

Bahan-bahan yang di Perlukan

  • Beras Putih Sebanyak 1 liter
  • Daun Jeruk 3 helai
  • Daun Salam 2 helai
  • Batang Serai satu batang
  • Garam dapur secukupnya
  • Kunyit dengan pancang 3 Cm
  • Air Jeruk nipis sebanyak satu sendok makan
  • Air matang sebanyak satu 100 cc

Cara Membuat Nasi Tumpeng

  1. Sebelum kita melangkah pada cara memasak nasi tumpeng, sebelumnya kita harus merendam beras tersebut pada air selama kurang lebih 12 jam. Hal tersebut bertujuan untuk nasi yang kita akan masak akan mudah matang dan juga nasi memiliki tekstur yang empuk.
  2. Parut kunyit lalu peras airnya selanjutnya campurkan dengan air jeruk.
  3. Setelah beras tersebut di rendam selanjutnya bilas beras menggunakan air supaya beras tersebut bersih.
  4. Anda siapkan panci dengan ukuran sedang, lalu masukan beras tambahkan air kunyit yang sudah di campur dengan air jeruk nipis. Selanjutnya masukan juga batang serai dan juga air matang sebanyak 100 cc. semua bahan yang sudah tercampur di panci tersebut anda aduk sampai merata selanjutnya anda masak.
  5. Setelah air tersebut sudah mendidih dan volume air sudah agak mengering sekali anda aduk-aduk sampai dengan merata.
  6. Setelah proses perebusan selesai, proses selanjutnya adalah proses pematangan nasi dengan cara mengukus nasi dengan durasi waktu kurang lebih 35 menit. Atau anda bisa kira-kira sendiri sampai nasi benar-benar matang sempurna.
  7. Bila nasi sudah matang selanjutnya anda pindahkan nasi tersebut ke dalam wadah. Aduk-aduk nasi tersebut sampai dengan uap nasi menghilang.
  8. Selanjutnya pindahkan nasi ke wadah yang kerucut, hal tersebut bertujuan untuk membuat bentuk nasi menjadi kerucut atau tumpeng.
  9. Terakhir anda tinggal menghiasi nasi tumpeng yang sudah jadi tersebut, biasanya nasi tumpeng di hiasi dengan gorengan telur ayam, suiran gorengan ayam dan sebagainya. pada proses penghisan tergantung selera anda dan juga kreativitas anda. Mau di tampilkan seperti apa nasi tumpeng yang sudah anda buat tadi.

Itulah tadi cara pembuatan nasi tumpeng jakarta, sangat mudah bukan cara membuatnya. Pastilah anda semua bisa membuatnya bila anda ingin membuat sendiri. Bila anda tidak ingin repot-repot membuatnya maka anda tinggal memesan saja. Hal tersebut membuat anda lebih ringan dan juga tidak membuang-buang waktu anda.