by

Pengertian, Fungsi, dan Rumus Trafo Step Down

Trafo step down ini sangat berguna dalam elektronika. Trafo atau yang biasa disebut dengan transformator ini dikenal sebagai alat statis yang mana mampu mengubah daya listrik dari satu sirkuit ke sirkuit lain tanpa ada bagian yang bergerak. Trafo ini sudah familiar di dalam dunia elektronika, lalu apa yang disebut dengan transformator step down tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini:

Pengertian Trafo Step Down

Pengertian Trafo step down adalah perangkat listrik pasif yang mampu melakukan transfer energi listrik dari satu rangkaian listrik ke rangkaian lainnya. Trafo ini juga bisa menyalurkan langsung ke beberapa perangkat yang lainnya.

Transformator step down ini juga berhubungan dengan perangkat elektronik yang mampu menurunkan arus tegangan listrik. Selain step down ada juga trafo step upnya. Trafo ini memiliki dua kumparan yang mana melilit inti besi yang digunakan sebagai penguat medan magnet.

Ciri-ciri trafo step down memiliki jumlah kumparan sekunder jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang primer. Kumparan sedikit yang melilit di medan magnet membuat arus yang dihasilkan tersebut akan semakin kecil. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan dasar mengapa jumlah kumparan sekunder tersebut sedikit.

Ciri lainnya adalah trafo ini akan memiliki tegangan sekunder lebih rendah dibandingkan dengan tegangan primer. Yang terakhir adalah trafo ini memiliki arus listrik sekunder yang jauh lebih besar daripada arus primer.

Fungsi Transformator Step Down

Fungsi dasar dari transformator step down ini adalah menurunkan tegangan listrik untuk bisa menghasilkan tegangan yang lebih kecil sesuai dengan kebutuhan elektronika.  Meski fungsi dasarnya hanya satu namun kegunaannya cukup banyak. Misalnya power supply dengan trafo step down. Kegunaannya bisa dipakai semua perangkat elektronika seperti amplifier, radio, charger gadget, booster antena televisi dan lain sebagainya.

Untuk ukuran transformator step down ini sangat variatif tergantung dengan arus output yang dikeluarkan oleh trafo tersebut. Semakin besar arus yang dikeluarkan oleh trafo ini maka dimensi trafo tersebut akan besar juga. Hal itu dikarenakan diameter lilitan sekunder jauh lebih besar untuk menopang gaya gerak listrik induksi elektromagnet kumparan primer ke kumparan sekunder.

Saat transformator step down ini dialiri oleh tegangan listrik AC 220 V di bagian primer, maka kumparan primer ini bisa dikelilingi oleh inti besi yang timbul di elektromagnet tersebut. Gaya ini bisa muncul seiring dengan perubahan garis gaya yang ditimbulkan oleh arus AC tersebut. Hal itu karena garis gaya magnet ini  bisa menimbulkan gaya gerak listrik di kumparan sekunder trafo tersebut. Jumlah gaya gerak listrik ini bisa timbul di kumparan sekunder dan bisa disesuaikan dengan jumlah  lilitan maupun diameternya.

Rumus Trafo Step Down

Dalam rangkaian elektronika ini, transformator step down harus disesuaikan dengan kebutuhan beban. Saat arus yang Anda butuhkan bebannya lebih besar dari arus output yang dikeluarkan oleh transformator step down. Hal ini akan bisa berbahaya karena mampu menyebabkan panas yang berlebihan dan menyebabkan trafo tersebut menjadi rusak.

Rumus trafo step down adalah Vp/Vs = Np/Ns, Vp/Vs = Is/Ip, dan Np/Ns = Is/Ip. Keterangannya adalah Vp(tegangan primer), Vs (tegangan sekunder), Np(lilitan primer), Ns(lilitan sekunder), Ip(arus primer), dan Is(arus sekunder).

Harga  Trafo Step Down

Cara membuat trafo step down secara ideal dan akurat ini diperlukan oleh produsen agar trafo tersebut bisa melakukan supply secara maksimal. Untuk membuat trafo jenis step down ini Anda membutuhkan komponen berupa kern atau inti besi, kawat tembaga, dan tempat melilit kawat. Trafo telah dirancang dengan apik sedemikian rupa. Bahkan hampir semua flux magnetic ini bisa dihasilkan di arus kumparan primer masuk ke kumparan sekunder.

Untuk bisa mendapatkan trafo step down ini Anda bisa menemukannya di marketplace kesayangan Anda atau bisa juga menghubungi toko elektronik terdekat. Untuk harga trafo sendiri beragam Anda bisa pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Trafo ini dibanderol dengan harga mulai dari 135 ribu rupiah saja dan bisa mencapai jutaan rupiah.

Demikianlah beberapa informasi tentang trafo step down yang menarik untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

News Feed