by

Pentingnya Menggunakan Search Engine Optimization untung Website

Setiap orang yang memiliki bisnis entah itu bisnis Online ataupun tidak Online pastinya menginginkan bisnis mereka berkembang dan sukses, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat bisnis Online kita sukses dan berkembang. Ya  yaitu dengan menggunakan SEO atau search engine optimization.

SEO atau  search engine optimization atau bisa di sebut juga dengan Optimalisasi mesin pencari merupakan serangkaian proses yang di lakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan menggunakan mesin pencari menuju situs Web tertentu, dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut, tujuan dari  search engine optimization yaitu menempatkan sebuah situs Web pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci, hal ini akan membuat website atau blog lebih mudah mendapatkan rangking di hasil pencarian google.

Optimalisasi mesin pencari atau search engine optimization atau SEO di gunakan pada 26 juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang di posting di usenet untuk pertama kalinya, pada tahun itu algoritma atau mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah di manipulasi.

Lalu bagaimana cara kerja dari  search engine optimization? Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak menempati rengking teratas hasil sebuah pencarian berdasarkan kata kunci, hal ini berlaku untuk semua mesin pencari, baik di google, yahoo, bing, ataupun buckduckgo. Dan kali ini saya akan membahas mesin pencari pada google, google selalu mengudate algoritma untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan atau solutif untuk semua pengguna google, dari tahun 2011 sampai tahun ini, google telah mengupdate major untuk algoritma sebanyak 8 kali, sehingga hasil pencarian yang ada pada google di bilang lebih relevan.

Nah di bawah ini adalah beberapa indikator utama yang ada dalam SEO, SEO selalu mengubah indikator utamanya secara berkala, perubahan indikator ini bergantung pada perubahan atau pembaruan dari algoritma google, sehingga perubahan indikator SEO selalu selaras dengan perubahan algoritma google, berikut ini adalah beberapa indikator utama pada  search engine optimization, di antaranya yaitu:

  1. Struktur URL, struktur utama ini dapat memudahkan mesin pencari pada google untuk mengenali website anda dan juga topik utama yang yang anda bahas.
  2. Penggunaan SSL atau TLS, dari tahun 2014 google mulai mengutamakan website website yang menggunakan SSL atau TLS, dengan ini website mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website tersebut, sehingga data pengguna lebih terjamin keamanannya.
  3. Topik konten, ketika anda ingin membuat website yang baik, maka anda harus memiliki atau membuat topik utama yang saling berhubungan, setelah itu anda harus membuat konten mengenai topik topik tersebut, semakin banyak konten yang membahas topik yang aling berkaitan, maka akan semakin mungkin website anda muncul di halaman pertama hasil pencarian tersebut.
  4. Search intent, apa yang di inginkan oleh sebagian besar pencari sebuah satu kata kunci, contohnya saat memasukan kata kunci “kucing” maka hasil pencarian akan menampilkan berbagai portal seputar berita kucing.
  5. Struktur konten, berikutnya yaitu anda harus membuat konten yang mudah di pahami, mudahkan pembaca untuk menemukan jawaban dalam konten anda dengan struktur yang jelas dan rapi.
  6. Mega tags, fungsinya membantu google untuk memahami konten yang ada di situs website.
  7. Backlink, ini masih menjadi faktor utama SEO, semakin banyak backlink maka google akan menganggap website anda memiliki kredibilitas tinggi.
  8. Kecepatan website, kecepatan loading dalam website anda memegang pran penting dalam SEO, semakin cepat loading website, maka sekian besar kemungkinan untuk mendapatkan renking tertinggi di hasil pencarian.

News Feed