Pentingnya Pendidikan untuk Generasi Muda

Pendidikan11 views

Seperti kita ketahui bersama, sejak kecil kita sudah mulai diberikan pendidikan oleh orang tua kita. Mulai dari pendidikan usia dini, kekolah dasar, menengah dan sampai ke perguruan tinggi. Ini tidak lepas dari pentingnya adanya pendidikan. Apasih pentingnya pendidikan buat kita?

Pada dasarnya manusia dilahirkan mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Namun tidak semua orang dapat mempergunakan kecerdasannya dengan baik. Maka dengan adanya pendidikan, membantu dalam membentuk kecerdasan pada manusia itu sendiri. Sesudah mengenal pelajaran siswa.

Pendidikan merupakan metode terbaik menjadikan manusia yang cerdas dan pintar. Untuk menguatkan alasan kenapa pentingnya pendidikan, maka pada kesempatan ini aku akan sedikit berbagi akan hal itu. Berikut beberapa alasannya:

1. Karir

Tidak bisa dipungkiri, karir menjadi salah satu faktor utama. Dizaman yang modern ini pendidikan menawarkan pekerjaan yang lebih baik. Kalau dulu mungkin pekerjaan membutuhkan fisik dan tenaga yang prima. Dengan pendidikan, bisa menggunakan kepintarannya dalam hal tertentu untuk bekerja.

Dulu saat aku masih kecil, selalu dinasehati untuk rajin belajar agar kelak besar mendapatkan pekerjaan yang enak. Pekerjaan yang enak disini diartikan bukan pekerjaan kasar yang membutuhkan fisik dan tenaga yang prima. Namun pekerjaan seperti kantoran atau lainnya yang bukan pekerjaan mengandalkan fisik.

2. Pola Pikir Yang Lebih Baik

Pendidikan juga berperan membentuk pola pikir kita yang lebih baik. Apa yang akan kita lakukan akan dipikirkan terlebih dahulu resiko yang akan diterima. Semua tindakan lebih dilakukan dengan hati-hati. Hal ini dikarenakan otak kita sudah bekerja lebih baik.

3. Mengeluarkan Kemampuan

Dengan pendidikan kita dapat mengeluarkan kemampuan yang sesungguhnya. Misal kita dapat mengeluarkan kemampuan kita dalam berhitung, menganalisa sesuatu, dan mengembangkan bakat terpendam. Dengan pendidikan hal-hal tersebut menjadi lebih mudah untuk di keluarkan.

4. Kontrol Emosi

Secara tidak langsung pendidikan dapat mengontrol emosi kita. Ego kita bisa diredam dengan baik. Karena sesungguhnya kontrol diri itu ada di isi kepala. Kalau isi kepala dapat dipergunakan dengan baik, emosi yang akan merugikan kita pasti akan hilang.

5. Meningkatkan Kualitas diri

Pengaruh pendidikan juga mampu membuat kualitas diri menjadi lebih baik. Bisa apapun itu, seperti pergaulan, adaptasi dan lain-lainnya. Hal itu menjadi alasan kenapa pentingnya pendidikan bagi kita.

6. Memperbaiki Generasi

Jika kita memiliki pendidikan yang baik, secara tidak langsung akan memperbaiki generasi kita. Misal punya anak, pasti akan diperhatikan bagaimana pendidikannya. Beda jika kita tidak memiliki pendidikan yang baik. Oleh sebab itu, pendidikan itu penting untuk kita dapatkan.

7. Memajukan Bangsa

Bangsa yang maju tentunya memiliki sumber daya manusia yang baik. Hal ini hanya bisa didapat dengan adanya pendidikan yang baik. Boleh kita lihat negara-negara maju, pastilah didukung dengan masyarakat yang berpendidikan yang baik.

8. Meningkatkan Kesadaran Diri

Kesadaran diri seperti mau antri, mau diatur, mau tertip ini pendidikan juga memiliki andil didalamnya. Kota yang maju dan teratur biasanya diisi masyaratkan yang berpendidikan baik. Kalau Kamu belum bisa antri, susah diatur, nggak mau tertip berarti Kamu belum memiliki pendidikan yang baik.