Adanya digitalisasi teknologi pada revolusi industri 4.0 ini, menjadi sebuah kesempatan untuk sebuah bisnis melakukan transformasi. Selain itu setiap bisnis dituntut untuk melakukan sebuah inovasi dalam pemasaran bisnisnya.
Nah, salah satu inovasi yang dilakukan dalam dunia bisnis saat ini adalah social media marketing. Banyak bisnis saat ini yang memanfaatkan social media sebagai platforms atau tools dalam marketing mereka, Hal ini pun menjadi sebuah alasan karena popularitas dari social media di seluruh dunia.
Social media merupakan sarana bagi konsumen untuk berbagi informasi teks, gambar, audio, dan video satu sama lain dan dengan perusahaan, dan sebaliknya (Philip Kotler, 2016). Berdasarkan data yang ada, pengguna aktif social media di indonesia saat ini mencapai 170 juta dari total populasi di Indonesia sebesar 274,9 juta jiwa.
Untuk mengetahui lebih lanjut soal social media marketing, yuk, simak lebih lanjut artikel ini!
Apa itu Social Media Marketing?
ocial media marketing merupakan sebuah bentuk alat atau tools dalam konsep marketing yang diintegrasikan dengan social media untuk melakukan promosi dan memasarkan layanan produk atau jasa dalam sebuah bisnis.
Berdasarkan pada realita yang terjadi, social media marketing ini selalu berhubungan dan terkait dengan digital marketing. Selain itu, faktanya pengaplikasian social media marketing ini dalam sebuah bisnis menjadikan pemasar lebih efektif dalam menjalankan aktivitas pemasarannya. Karena hal tersebut telah didukung dengan adanya proses digitalisasi. Dan, para pemasar juga dapat melakukan interaksi dan mendapatkan engagement dengan audiens untuk meningkatkan konversi dan ROI pada social media marketing.
Manfaat Social Media Marketing Dalam Bisnis
1. Meningkatkan Brand Awareness
Brand awareness merupakan kesadaran merek dari seorang pelanggan. Yang mana dari data tersebut dapat digunakan untuk pengoptimalan strategi social media marketing, untuk menciptakan sebuah brand awareness di benak masyarakat.
JIka kita lihat berdasarkan data diatas, terdapat 170,0 juta orang pengguna aktif social media. Jadi apabila kita telah dapat melakukan strategi social media marketing yang sesuai dan baik, maka 170,0 juta orang tersebut akan mengingat brand yang telah kita buat. Yang mana nantinya, secara tidak langsung akan dapat meningkatkan penjualan dalam bisnis kita.
2. Memperluas Market Penetration
Social media merupakan sebuah platform yang sangat banyak penggunanya. Semua kalangan, usia, pekerja apapun tak membatasi seseorang untuk menggunakan social media.
Apabila sebuah bisnis kita menggunakan social media marketing, maka akan dapat memperluas pangsa pasar yang mereka miliki. Hal tersebut akan menjadi kesempatan yang sangat luar biasa untuk sebuah bisnis.
3. Mengetahui Feedback Produk
Selanjutnya pada efek manfaat dari social media marketing adalah dapat mengetahui feedback produk. Hal ini dikarenakan, kita dapat melihat secara langsung terkait respons dari audiens. Seperti, like, komen, share, atau bahkan mem-follow akun social media kita.
4. Dapat Melakukan Interaksi dengan Audiens
Selain, dapat mengetahui feedback produk kita juga dapat melakukan interaksi dengan audiens. Melalui beberapa tipe kontan yang dibuat untuk social media marketing dapat menjadi penghubung kita dengan para audiens. Dari sini, kita dapat men-tracking perilaku konsumen.
5. Mengetahui Analisis Pesaing
Dalam social media marketing, kita juga dapat melakukan analisis pesaing. Hal itu, bisa didapatkan melalui data-data yang mereka kumpulkan dari social media pesaing. Karena, dalam social media marketing pemasar dapat laporan hasil dari kegiatan pemasaran yang mereka lakukan. Sehingga bisa menjadi sebuah benchmarking juga, untuk melakukan analisis pesaing.
6. Menghemat Biaya dan Lebih Efisien
Pemasaran secara online dengan menggunakan social media marketing di era digital saat ini menjadi pemasaran yang paling efektif dan efisien dibandingkan dengan pemasaran secara offline.