by

Teknologi Jaringan Tercepat Abad Ini 5G

Hai sobat kali ini saya akan membagikan informasi teknologi 5G yang akan diluncurkan di tahun ini. Penasaran dengan informasi selengkapnya?… langsung saja ini dia ulasan secara lengkapnya. Pada dunia seluler, kemarin baru saja rasanya kita merasakan kecanggihan dan kecepatan dari teknologi jaringan 4G, yang merupakan pengembangan dari jaringan 3G dan juga 2G. tapi untuk jaringan 4G juga sebentar lagi akan tergantikan juga oleh teknologi jaringan terbaru, yakni 5G “Fifty Generation”.

Banyak fakta yang mengatakan bahwa dalam satu dekade atau lebih, industri nirkabel (tanpa kabel) mengeluarkan standar komunikasi seluler yang dapat mentransmisi data lebuh banyak dan juga lebih cepat. Di periode ini, babak selanjutnya tengah dikembangkan bahkan hampir rampung. Yakni pengembangan di bidang industry nirkabel yang menciptakan jaringan terbaru 5G. jaringan ini adalah merupakan generasi ke-5 dari standar yang digunakan untuk menjelaskan dan juga mentransmisikan sebuah data melalui gelombang radio.

Teknologi 5G merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk generasi kelima sebagai teknologi terbarui yang dikeluarkan dari standar telekomunikasi seluler yang dinilai akan melebihi standar 4G. pada tahun 2021 ini diprediksi jaringan 5G akan di luncurkan.

Pada teknologi 5G data yang dikirimkan melalui gelombang radio, namun pada gelombang radio ini akan dibagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda. Pada setiap frekuensi disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbeda pula, seperti aeronautical serta sinyal navigasi maritime, mobile data, dan juga siaran televisi.

Frekuensi-frekuensi ini nantinya akan diregulasikan oleh Internasional telecommunication union (ITU). ITU sudah merestrukturasi bagian-bagian gelombang radio secara komperhesif agar bisa mentransmisikan data sambil mengembangkan teknologi komunikasi yang sudah ada yakni 4G dan juga 3G.

Konsep Utama dari Teknologi 5G

  1. Kecepatan data yang lebih baik atau signifikan dari jaringan 4G
  2. Kecepatan transfer data dari satu telepon ke telepon lain hanya satu mili detik
  3. Bisa dikoneksikan dengan alat seperti mobil, telepon dan juga peralatan rumah tangga.

Kelebihan Teknologi Jaringan 5G

  1. Kecepatan data yang di kirimkan jauh lebih baik dan super cepat dibandingkan dengan jaringan 4G sehingga user akan lebih nyaman setelah memakai jaringan 5G. jaringan ini diprediksi memiliki kecepatan sampai 800 Gbps.
  2. Untuk kegiatan menteransfer data jaringan 5G, bisa mencapai kecepatan satu mili per detik dari satu prangkat ke prangkat lainnya.
  3. Kelebihan yang tidak bisa ditemukan di teknologi jaringan yang sudah ada atau terdahulunya adalah dalam jaringan 5G bisa dikoneksikan dengan alat lainnya seperti mobil, alat rumah tangga, dan juga telepon.
  4. Bukn hanya itu, sistem jaringan 5G juga memberikan kemungkinan menyediakan koneksi yang dapat dipercaya ke sejumlah besar perangkat nirkabel secara bersamaan. Ini dapat memungkinkan terjadinya ekspansi besar jumlah penggunaan perangkat sehari-hari yang telah terkoneksi dengan internet seperti pengawasan atau controlling nutrisi dalam tanah bagi para petani, lokasi paket berada atau barang kiriman untuk perusahaan ekspedisi, atau juga tanda-tanda vital bagi pasien rumah sakit.

Dampak Baik dari Teknologi 5G Dikehidupan Manusia

  1. Kegiatan Gaming Lancar jaya
  2. Adanya Virtual Reality, Holograms, dan Augmented Reality
  3. Kerja Hanya dari Rumah saja (kerja jarak jauh)
  4. Mobil masa depan yang bisa mengemudikan sendiri

Dampak Buruk dari teknologi 5G

  1. Biaya penggunaan yang mahal
  2. Perangkat lama tidak memiliki dukungan dari teknologi 5G
  3. Tindak kejahatan cyber sangat riskan
  4. Dengan teknologi lama tidak kompatibel
  5. Jangkauan terbatas
  6. Rawan di sadap
  7. Memiliki bahaya untuk kesehatan dan lingkungan

Nah, itu tadi ulasan mengenai teknologi terbarukan yakni jaringan 5G yang memiliki banyak manfaat dan juga masalah bagi lingkungan dan kesehatan, di Indonesia sendiri masih sedikit sulit digunakan karena spesifikasi frekuensi gelombang radio yang tidak mumpuni, dapatkan juga informasi terbaru lainnya hanya di jalantikus.com/tips/.

News Feed