by

Tips Menabung yang Benar Walaupun Gaji Minim Wajib Baca

Dengan adanya resesi keuangan sangat mungkin memengaruhi kamu dan berdampak pada berkurangnya pemasukan keluarga. Jadi bisa enggak ya supaya bisa tetap konsisten menabung meski gaji hanya Rp 5 juta?

Dan bahkan dalam kondisi seperti ini pun, kamu sebenarnya masih memiliki pilihan untuk menyimpan uang dengan cara menabung yang benar. Cara menabung bukan hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berpendapatan besar saja. Akan tetapi menabung juga bisa dilakukan meski kamu berpendapatan Rp 5 jutaan.

Tapi dengan menabung secara rutin, dan dengan (#YakinBisa) pastinya memiliki cadangan dana yang bisa digunakan dalam situasi darurat. Baik dengan gaji lebih terbatas, tentunya kamu juga harus memiliki cara menabung yang efektif dan juga efisien. Berikut beberapa tips cara dalam menabung yang dapat kamu pertimbangkan guna dapat memiliki simpanan untuk kebutuhan sewaktu-waktu yang di luar dugaan. Berikut cara menabung yang benar meski pendapat minim.

1. Membuat Anggaran di Awal Bulan

Apa yang kamu lakukan tiap kali mendapatkan pendapatan ataupun sebuah gaji pada awal bulan? Pastinya kebanyakan orang akan langsung membayar berbagai tagihan di awal bulan. Dan kemudian sisanya, mau tidak mau, harus mampu mencukupi berbagai kebutuhannya selama 30 hari ke depan. Namun, ini sering kali tidak cukup dan juga terpaksa membuat kamu melakukan utang kembali, lho.

2. Biasakan Menabung di Awal Bulan

Dengan berapa pun besaran gaji yang diterima, maka akan sulit untuk menabung jika kamu melakukannya dari sisa pengeluaran pada akhir bulan. Namun sebaliknya walaupun gaji hanya Rp 5 juta, tapi kamu tetap bisa menabung jika mulai menyisihkan pada awal bulan ketika menerima gaji atau pendapatan.

3. Harus Bisa Sediakan Anggaran untuk Kebutuhan Darurat

Kamu juga mungkin sudah menganggarkan nominal tabungan tiap awal bulan untuk bisa disisihkan. Akan tetapi ternyata di pertengahan bulan, ada suatu kebutuhan tidak terduga yang membuat kamu harus mengeluarkan uang lebih. Sehingga, uang yang tadinya hendak ditabung menjadi dialihkan untuk dapat membayar kebutuhan yang muncul secara mendadak tersebut.

4. Harus Mempunyai Rekening Terpisah

Dana tabungan kamu juga tidak akan berkembang karena akan sering terpakai untuk kebutuhan lainnya. Untuk bisa menghindarinya, sebaiknya kamu harus punya 2 jenis rekening, yakni rekening untuk kebutuhan harian dan juga rekening untuk menabung atau investasi.

Dalam hal rekening untuk kebutuhan harian, maka kanu bisa gunakan tabungan reguler yang memberikan banyak kemudahan yaitu dalam bertransaksi finansial, karena tentunya dana yang disimpan juga akan sering digunakan.

Sementara, dana untuk tabungan atau investasi jangka panjang maka sebaiknya kamu menyimpannya pada produk perbankan khusus yang dapat membantu mengelola dan juga mengembangkan tabungan kamu seperti HSBC Advance yang dapat menjadi solusi keuangan yang komprehensif untuk kamu.

HSBC Advance juga akan memberikan kemudahan dalam memegang kendali atas keuangan kamu dan juga kemudahan dalam layanan perbankan untuk bsehari-hari. Sedangkan untuk tabungan sendiri, maka kamu juga bisa mendapatkan produk tabungan dan juga deposito dalam 12 mata uang dengan suku bunga tabungan yang tinggi sampai 3,5% melalui HSBC High Saving Rate, serta juga suku bunga deposito yang sangat menarik melalui HSBC Internet Banking.

Nah, bagaimana setelah kamu mengetahui cara menabung yang benar dengan gaji minim seperti yang sudah saya jelaskan. Kamu bisa memilih cara diatas ya.

News Feed