by

Video Loss Pada CCTV Wireless? Ini Cara Mengatasinya!

sumber: https://www.vecteezy.com/photo/7135550-cctv-camera-system-outdoor-ip-surveillance-camera-hight-technology-store-up-to-24-hours-of-camera-activity-to-playback-later-concept-of-home-security-technology

Kamera pengintai atau CCTV, sekarang ini banyak digunakan di tempat-tempat umum maupun untuk kebutuhan hunian rumah pribadi. Pasalnya, teknologi keamanan ini telah hadir dalam jenis CCTV outdoor maupun indoor.

Fungsi utama kamera ini lebih sering ditujukan sebagai sistem pengawas keamanan. Dalam menjalankan fungsi tersebut, kamera CCTV ini bahkan bekerja hingga 24 jam penuh.

Penggunaan ini nyatanya dapat mengakibatkan error atau malfungsi pada perangkat. Salah satu permasalahan yang mungkin muncul adalah terjadinya video loss atau CCTV no video.

Video loss merupakan suatu kondisi di mana layar monitor perangkat CCTV gagal atau tidak mampu menampilkan gambar apapun. Sementara pada tampilan layarnya akan berganti dengan status video loss. Namun bukan hanya layar monitor yang blank saja.

Kondisi video loss, artinya yaitu tidak ada video yang terekam dan tersimpan di dalam DVR. Kondisi seperti ini cenderung membuat CCTV tidak mampu menjalankan fungsinya secara optimal. Alhasil, tujuan CCTV sebagai sistem pengawasan juga akan terganggu.

Penyebab Video CCTV Outdoor Loss dan Cara Mengatasinya

Sumber: https://unsplash.com/photos/bt41lw9i6Kc

Sumber :https://unsplash.com/photos/bt41lw9i6Kc

Kondisi CCTV no video, memang cukup sering terjadi dalam penggunaannya. Namun bukan berarti permasalahan ini tidak dapat diatasi. Ketahui terlebih dahulu apa penyebab terjadinya video CCTV loss, lalu  terapkan solusi berikut ini.

1. Adaptor CCTV Mati

Salah satu sumber energi penting dari penggunaan CCTV ialah adaptor. Apabila perangkat adaptor mati, hal ini akan secara otomatis menyebabkan aliran listrik yang menuju CCTV menjadi terputus.

Yang terjadi, kamera CCTV dan DVR tidak bisa memperoleh daya. Nah, supaya adaptor CCTV outdoor tidak mati, maka Anda harus memastikan apakah adaptornya masih berfungsi secara normal ataukah tidak.

Caranya adalah dengan melakukan tes pada adaptor menggunakan avometer. Apabila adaptor dalam kondisi rusak, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.

2. Kerusakan pada Kamera CCTV

Penyebab lain mengapa terjadi Vloss, bisa jadi karena adanya kerusakan pada kamera CCTV. Bila kamera ini rusak, jelas saja tidak akan ada hasil tampilan gambar maupun video yang dikirim ke DVR, lalu ke monitor.

Serta secara otomatis, sinyal pun akan menghilang. Adapun solusi yang tepat agar kondisi ini segera teratasi adalah dengan memperbaiki CCTV. Perbaiki secara langsung pada ahlinya. Atau solusi lainnya,  Anda bisa membeli kamera CCTV yang baru sesuai yang dibutuhkan.

3. Koneksi Internet Terputus

Pada perangkat CCTV wireless, sistem operasinya adalah menggunakan koneksi internet. Oleh karena itu, perangkat CCTV sering terjadi loss jika koneksi internet terputus. Hal ini seringkali terjadi karena koneksi yang buruk maupun data internet buruk.

Jika terjadi demikian, penting bagi Anda untuk mengecek koneksinya. Kemudian Anda perlu menyambungkan kembali jaringan internet yang terputus. 

Berbagai penyebab dan solusi mengatasi kamera pengintai mengalami Vloss, penting untuk diketahui pada pengguna CCTV wireless. Dengan cara ini, penggunaan CCTV menjadi lebih optimal dan bisa berjalan lancar tanpa hambatan di kemudian hari.

4. DVR Tersambar Petir

Perlu Anda tahu, bahwa ternyata sambaran petir bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan DVR. Dampaknya, DVR tidak bisa menjalankan fungsinya secara normal dan berpotensi menyebabkan Vloss.

Supaya permasalahan seperti ini tidak terjadi, maka pengguna CCTV perlu memasang alat penangkal petir. Selanjutnya, lakukan perawatan smart CCTV camerasecara rutin. Dengan begini, perangkat pengintai Anda akan bekerja maksimal sebagaimana mestinya tanpa gangguan.

Tidak kalah pentingnya, sebagai langkah pencegahan adalah dengan memilih CCTV berkualitas dan efisien dalam penggunaan. Solusi untuk pengadaan kamera pengintai dan Security System ini, salah satunya adalah dengan memilih produk berkualitas dari Hikvision.

Solusi Sistem Keamanan Bersama CCTV Hikvision AcuSense

Hikvision adalah vendor atau penyedia produk yang menyediakan solusi pengawasan video inovatif dan terdepan. Hikvision senantiasa menghadirkan produk-produk keamanan yang berkualitas dan terjamin, seperti halnya kamera CCTV outdoor.

Tak heran, jika penggunaannya dapat menjadi menjadi solusi bagi mereka yang menginginkan sistem keamanan atau pengawasan yang memadai dan dapat diandalkan setiap waktu. Inilah berbagai keunggulan dari produk Hikvision AcuSense.

1. Lebih Cepat

Teknologi AcuSense mampu mendeteksi potensi ancaman penyusupan dengan efisien. Di mana hal ini akan dilakukan secara real time dan memicu peringatan ke ponsel untuk memaksimalkan pengintaian.

2. Lebih Akurat

Teknologi Hikvision AcuSense bekerja dengan sangat efektif dalam membedakan objek yang tertangkap layar kamera. Diantaranya yakni membedakan objek manusia dan juga kendaraan dari objek bergerak lain. Hal ini memungkinkan tim keamanan bisa bergerak dengan tepat sasaran.

3. Lebih Efisien

Teknologi AcuSense, dalam penangkapan hasil rekaman kamera telah menerapkan penggunaan label. Dengan fitur ini, maka proses pencarian hasil rekaman bisa lebih cepat.

4. Mudah Digunakan

Dalam penggunaannya, smart CCTV camera cerdas yang telah memanfaatkan teknologi Hikvision AcuSense bisa dipasang dengan lebih cepat. Selain itu, proses konfigurasinya juga cenderung lebih mudah layaknya kamera pada umumnya.

Singkatnya, teknologi Hikvision AcuSense ini mampu membantu tim atau petugas keamanan. Mengingat kamera CCTV ini cenderung mengutamakan manusia dan kendaraan dibandingkan objek lain yang tidak penting.

Alhasil, tim keamanan mampu bekerja dengan efisien, serta lebih menghemat waktu dan biaya. Selain itu, penggunanya juga mempunyai kendali penuh atas sistem keamanan tersebut kapan pun dan di mana pun. Produk CCTV outdoor maupun indoor dari Hikvision memang menjadi solusi keamanan terbaik.