Yang Perlu Disiapkan Jika Ingin Memulai Bisnis PPOB

Bisnis21 views

Zaman sekarang mesti pintar cari peluang usaha ya, Apalagi pandemi belum juga usai, kita jadi harus pintar mengelola keuangan agar tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Nah, ada nih satu peluang usaha yang modalnya nggak terlalu butuh banyak dan mudah dikerjakan. Tapi kalau ditekuni bisa bikin kamu berlimpah untung. Namanya adalah PPOB. Bagaimana cara memulai bisnis PPOB? Di BisaBayar tentunya sangat mudah apalagi ditambah dengan aplikasi yang sangat mudah.

PPOB merupakan singkatan dari Payment Point Online Bank dan diartikan sebagai bisnis yang menawarkan jasa untuk pembayaran berbagai tagihan. Bisnis ini mulai banyak diminati alasannya sederhana yaitu mudah, modal tak perlu banyak namun laba bisa plus terus. Jika kamu mulai tertarik dengan bisnis ini, ada beberapa hal nih yang perlu dipersiapkan. Apa saja? Mari kita kulik yuk,

Modal

Soal modal yang berupa uang, bisnis ini tidak menuntut angka yang tinggi. Kamu bisa memulainya bahkan dengan modal Rp100ribu saja, misal. Selain itu karena bisnis ini berbasis online, maka modal yang dibutuhkan akan berkaitan dengan perangkat yang memadai dan juga koneksi internet. Bisnis PPOB ini bisa dimulai dengan smartphone dan koneksi internet saja. Namun ada juga yang menambahkan perangkat seperti komputer dan printer untuk mencetak bukti pembayaran. Kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan yang ada terlebih dahulu.

Vendor Penyedia

Menemukan vendor penyedia PPOB ini tidak sulit kok. Kamu sebaiknya memilih vendor dengan layanan yang lengkap sertai memiliki tawaran harga yang bersaing. Nah, Agen yang memiliki banyak layanan keuangan seperti transfer bank, kirim tunai, tarik tunai, top-up e-money, isi pulsa hingga token PLN. Kamu tinggal mendaftarkan diri sebagai agen melalui aplikasi yang kini sudah bisa diunduh di Playstore. Setelahnya, isi deposit awal sebagai modalmu. Kemudian, kamu sudah siap berbisnis dari mana saja.

Lokasi Bisnis

Sebenarnya lokasi bisnis PPOB ini bukan menjadi keharusan sebab transaksinya dilakukan secara online. Namun adanya lokasi bisnis juga mempermudah bisnismu untuk ditemukan oleh calon pelanggan. Karenanya, kamu bisa nih memilih tempat tinggalmu sebagai lokasi bisnis. Jika memungkinkan pakai satu ruang atau sudut di rumah khusus untuk melayani calon pembeli. Beri penanda seperti banner atau plang jika perlu. Meski begitu, bisnis ini juga tetap bisa dijalankan meski tanpa toko fisik.

Strategi Marketing

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa bisnis ini memiliki banyak peminat karena kemudahan yang ditawarkan. Karena itu, kamu mesti memiliki strategi pemasaran atau marketing yang berbeda. Tujuannya agar bisnis yang kamu miliki terlihat lebih menonjol hingga makin dikenal luas. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk berpromosi. Buat poster promosi semenarik mungkin lalu pasang pada media sosial serta aplikasi tukar pesan seperti whatsapp. Selain itu, segi pelayanan juga patut dijaga demi mendapatkan hati para pelanggan.